Sukses

Luhut: Presiden Panglima Tertinggi Dalam Penanganan Covid-19

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam penanganan Covid-19, Presiden adalah panglima tertingginya. Sementara dirinya hanya komandan wilayah yang menangani Jawa-Bali.

Liputan6.com, Jakarta Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam penanganan Covid-19, Presiden adalah panglima tertingginya. Sementara dirinya hanya komandan wilayah yang menangani Jawa-Bali.

Hal ini disampaikannya saat menyinggung soal struktur penanganan Covid-19, yang menurutnya sudah baik. Diketahui, dalam pengumuman PPKM hari ini, Luhut yang mengumumkan bukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Struktur penanganan sekarang ini menurut hemat saya sudah sangat baik karena presiden menjadi panglima paling tinggi dalam penanganan ini. Sedangkan Menko Perekonomian dan saya sebagai komando-komando wilayah atau komando lapangan seperti organisasi di militer juga," kata Luhut dalam konferensi secara daring, Senin (9/8/2021).

Dia pun juga menyinggung bahwa penanganan di luar Jawa-Bali, akan sangat berbeda dengan Jawa-Bali. Menurutnya tantangannya lebih besar.

"Penanganan di luar Jawa-Bali tidak bisa serta dibandingkan dengan Jawa-Bali karena tantangan di luar Jawa-Bali lebih besar dari tantangan dalam Jawa-Bali. Contohnya dalam hal dukungan infrastruktur kesehatan, pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan pandemi di Indonesia," jelas Luhut.

2 dari 2 halaman

Berbeda

Sebagai contoh, dia juga menjelaskan, evaluasi PPKM Jawa-Bali dilakukan seminggu sekali. Sedangkan untuk diluar wilayah tersebut dua minggu sekali.

"Evaluasi untuk PPKM di Jawa-Bali dilakukan setiap satu kali seminggu. Sementara untuk luar Jawa-Bali akan dilakukan setiap satu dalam dua minggu," kata Luhut.

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi