Sukses

HUT ke-76 RI, Mahfud Md: Semangat Nasionalisme Makin Terasah di Masa Sulit Ini

Mahfud Md menyebut, masyarakat Indonesia bersatu padu meringankan beban sesama di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md mengatakan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) masih diselimuti suasana pilu akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan perayaan kemerdekaan RI pada tahun 2020.

Meski demikian, Mahfud Md mengaku bangga dengan semangat nasionalisme dan solidaritas masyarakat Indonesia di usia 76 tahun kemerdekaan RI.

"Saya melihat semangat nasionalisme atau semangat bela negara kita dan kegotong royongan kita serta solidaritas sosial kita justru semakin terasah di masa sulit seperti ini," katanya dalam sebuah video, Senin (17/8/2021).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, masyarakat Indonesia bersatu padu meringankan beban sesama di tengah pandemi Covid-19. Contohnya, warga memberikan bantuan kepada tetangganya yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Di saat bersamaan, pemerintah berupaya keras mengatasi pandemi Covid-19 dan melindungi keselamatan rakyat.

"Pemerintah sendiri terus berupaya keras mengatasi pandemi ini dengan berpedoman bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi atau salus populi suprema lex esto, bekerja siang malam," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Bisa Lawan Covid-19

Mahfud  yakin, kerja sama pemerintah dan masyarakat bisa melawan pandemi Covid-19. Selain itu, kolaborasi kuat pemerintah dan masyarakat akan membuat bangsa Indonesia semakin kuat dan kokoh.

"Saya percaya, keuletan pemerintah yang didukung oleh masyarakat akan dapat mengatasi musuh bersama ini serta menjadikan bangsa kita semakin kuat dan kokoh. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," tandas dia

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) jatuh pada 17 Agustus 2021.
    Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) jatuh pada 17 Agustus 2021.

    HUT ke-76 RI

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19