Sukses

4 Hal Terkait Distribusi Vaksin Pfizer yang Telah Tiba di Tanah Air

Indonesia sebelumnya sudah menerima kedatangan vaksin Pfizer sebanyak 1.560.780 dosis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 13 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksin Pfizer telah masuk ke Tanah Air. Vaksin Covid-19 ini pun didistribukan ke sejumlah wilayah.

"Di bulan Agustus ini, kita sudah kedatangan 1,56 juta yang kita beli langsung dari Pfizer dan di akhir bulan kita juga akan kedatangan 4,6 juta Pfizer, yang merupakan hasil kerja sama multilateral vaksin gratis dari COVAX," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi, Senin, 23 Agustus 2021. 

Kedatangan vaksin ini secara perdana ke Indonesia adalah Jumat, 13 Agustus 2021. Sebanyak 1.560.780 dosis vaksin Pfizer tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Vaksin Pfizer langsung didistribusikan pemerintah. Tangerang dan Depok menjadi daerah yang telah menerima vaksin tersebut. 

Kepada RSUD Depok, 16.557 vial vaksin Pfizer diserahkan oleh Pemkot setempat. Sementara, Tangerang mendapatkan 162 ribu dosis vaksin Pfizer.

Berikut sejumlah hal terkait kedatangan vaksin Pfizer ke Tanah Air yang telah didistribusikan ke masyarakat untuk segera disuntikkan dihimpun dari Liputan6.com:

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 5 halaman

1. Pemkot Bekasi Terima 62.000 Dosis Pfizer

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyediakan 62.000 dosis vaksin Pfizer. Rencananya, pada Jumat, 27 Agustus besok akan diberikan kepada pelajar dan masyarakat umum.

Vaksinasi rencananya akan diadakan selama dua hari, serentak di 280 titik yang tersebar di Kota Bekasi. Pemkot Bekasi menargetkan sebagian vaksin untuk pelajar usia 12 tahun ke atas yang belum divaksin dosis pertama.

"Vaksin akan dimulai tanggal 27 Agustus dan serentak selama dua hari. Dipergunakan untuk 62.000 anak SMAN/SMKN atau swasta, warga masyarakat, serentak dua hari," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi atau biasa disapa Pepen, Rabu, 25 Agustus 2021.

Selain pelajar, Pemkot Bekasi juga menyasar masyarakat umum, mengingat tingginya antusiasme warga terhadap kegiatan ini. Untuk tempat pelaksanaan, Pemkot Bekasi menyediakan 280 sentra vaksinasi yang tersebar di berbagai wilayah.

"Kami sediakan 280 titik sentra vaksinasi di Kota Bekasi," ujar Pepen.

 

3 dari 5 halaman

2. Kota Depok Terima 16.557 Vial Vaksin Pfizer

Pemerintah Kota Depok mulai menyuntikkan vaksin Pfizer untuk warga berusia 12 hingga 17 tahun, pada Rabu, 25 Agustus kemarin sampai 17 September mendatang. Vaksinasi dengan Pfizer dilakukan di RSUD Kota Depok di Jalan Raya Muchtar Nomor 99 Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Terkait pelaksanaan vaksinasi dibuka dari Senin sampai Jumat dengan Jam operasional dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB.

Pemerintah Kota Depok sebelumnya telah menerima 16.557 vial vaksin Pfizer dari pemerintah pusat. Pemberian vaksin tersebut langsung diserahkan ke RSUD Kota Depok yang menjadi faskes pemberian vaksin kepada warga.

"Sudah diberikan sebanyak 16.557 vial," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Dinas Kesehatan Kota Depok, Umi Zakiati, Selasa, 24 Agustus 2021.

Umi mengungkapkan, satu vial Pfizer dapat digunakan untuk enam dosis. Dengan begitu, dosis yang diterima RSUD Kota Depok sebanyak 99.342 dosis. Setiap warga yang menerima vaksin Pfizer akan di suntikan sebanyak dua kali.

"Rentan waktu penyuntikan pertama ke penyuntikan kedua selama 21 hari," ucap Umi.

Umi menuturkan, RSUD Kota Depok sudah menyiapkan link pendaftaran untuk warga yang ingin mendapatkan suntikan vaksin. Warga yang sudah terdaftar akan diberikan vaksin sesuai dengan dosis yang diterima di RSUD Kota Depok.

"Silahkan daftar ke link yang sudah disediakan dan ada di Medsos RSUD Kota Depok,” tutur Umi.

Adapun pendaftaran dilakukan secara online di https://s.id/DAFTAR-VAKSINCOVIDRSUDDEPOK. Vaksinasi Pfizer ini dibuka setiap hari dengan waktu pelaksanaan terbatas hanya hingga pukul 12.00 siang.

4 dari 5 halaman

3. Kota Tangerang Dapat Jatah 162 ribu Dosis Vaksin Pfizer

Sementara itu, pada Selasa, 24 Agustys kemarin, RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat dipilih sebagai tempat penyuntikan vaksin asal Amerika Serikat itu.

Menurut Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Kota Tangerang mendapat jatah 162 ribu dosis vaksin Pfizer. Jumlah tersebut sudah termasuk dosis satu dan dua, itu berarti sekitar 80 ribuan warga Kota Tangerang yang menjadi sasaran vaksin Covid-19 tersebut.

Arief pun mengaku, vaksin Pfizer ini perlu penanganan khusus. Pasalnya, vaksin ini hanya mampu disimpan di suhu -90 sampai -60 derajat.

Oleh karena itu, hanya ada dua tempat di Kota Tangerang yang mumpuni menjadi lokasi penyimpanan vaksin Covid-19 tersebut. Yakni di RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat.

Sementara, di Kabupaten Tangerang vaksin Pfizer juga sudah diterima sebanyak 180 ribu dosis. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, setelah tiba, vaksin tersebut langsung didistribusikan ke 44 puskesmas dan 25 rumah sakit yang ada diwilayah setempat.

Menurut dia, sasaran pemberian vaksin pfizer adalah masyarakat umum, namun diprioritaskan pada ibu hamil dan juga masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

"Sasarannya untuk masyarakat umum, tapi kita prioritasnya ke ibu hamil dan komorbid, makanya dalam proses pemberian vaksin itu, nanti akan lebih banyak dilakukan di rumah sakit atau puskesmas," ujar Hendra.

5 dari 5 halaman

4. 16 Titik di Jakarta Layani Vaksin Pfizer

Pemprov DKI Jakarta juga telah membuka lokasi vaksinasi Covid-19 Pfizer untuk masyarakat umum. Vaksinasi tersebut dialokasikan untuk masyarakat umum usia 12 tahun ke atas yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua.

"Fasilitas kesehatannya pun yang semula 10 lokasi, bertambah menjadi 16 lokasi," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dalam keterangan tertulis resminya, Selasa, 24 Agustus 2021.

Vaksinasi Covid-19 merek Pfizer dapat diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, serta masyarakat yang memiliki kondisi immunocompromised, seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya.

Untuk masyarakat yang memiliki kondisi immunocompromised, komorbid, atau penyakit lainnya yang berat, membutuhkan surat rekomendasi dokter untuk bisa divaksinasi dengan vaksin Covid-19 Pfizer.

Berikut lokasi 16 fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Pfizer:

Jakarta Timur

1. Puskesmas Kecamatan Pulogadung

2. RSKD Duren Sawit

3. RS Tk. IV Kesdam Cijantung

4. RS Islam Pondok Kopi

Jakarta Utara

1. Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading

2. RSIA Family

3. RSUD Tugu Koja

Jakarta Selatan

1. RS Prikasih

2. Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus

3. Puskesmas Cilandak

4. RSUD Jati Padang

5. Puskesmas Kelurahan Pancoran

6. UPK Kemenkes Rasuna Said

7. BPSDM Kemenkes Hang Jebat

Jakarta Pusat

1. Puskesmas Kecamatan Johar Baru

Jakarta Barat

1. RSPI Puri Indah

 

Lesty Subamin