Sukses

Kemenkes soal Menurunnya Kasus Covid-19: Kita Tak Boleh Jumawa

Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, meski kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan, masyarakat diminta tetap waspada tak mengendorkan disiplin.

Liputan6.com, Jakarta Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, meski kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan, masyarakat diminta tetap waspada tak mengendorkan disiplin.

"Kita tidak boleh jumawa melihat kasusnya sudah menyentuh di bawah 10.000 bahkan kita bergerak di bawah 5.000 per hari," kata dia dalam diskusi virtual, Selasa (7/9/2021).

Dia pun mengaku, melihat langsung mobilitas masyarakat terus meningkat saat melakukan perjalanan darat dari Bandung menuju Jakarta.

Tak hanya itu, masih kata Maxi, banyak juga ditemui yang tak patuh pada protokol kesehatan. Seperti misalnya tak gunakan masker.

"Sesudah turun kasus, saya lihat di pasar-pasar mobilitas tinggi dan banyak lagi yang melanggar protokol kesehatan tidak pakai masker," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Rentan

Sementara, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Alexander K Ginting mengatakan Indonesia masih rentan mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Hal ini dilihat dari penambahan angka kematian Covid-19 yang masih tinggi. Data 6 September 2021, kasus kematian akibat Covid-19 nasional bertambah sebanyak 612 orang.

"Sehingga ini masih rentan untuk terjadinya lonjakan (kasus Covid-19) kalau misalnya masyarakat tidak patuh (terhadap protokol kesehatan)," kata dia.

 

Reporter: Supriatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.