Sukses

Situ di Depok Hanya Tinggal 23 dari 40, Ini Penyebabnya

Menurut Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, hilangnya situ di Kota Depok diakibatkan penyerobotan yang dilakukan oleh oknum terhadap situ.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berusaha untuk menjaga dan merawat, serta mengembangkan situ di Kota Depok. Karena kini hanya tersisa 23 situ yang dijadikan kantong air dan potensi wisata. 

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menjelaskan, sebelumnya Kota Depok memiliki 40 situ yang tersebar di seluruh kecamatan. Namun, dari data Pemerintah Kota Depok, Situ yang masih dinyatakan aktif hanya sebanyak 23 Situ.

"Jadi dari 40 situ hanya ada 23 situ yang masih aktif," tutur Iman. 

Situ Tujuh Muara merupakan salah satu situ yang berada di Kota Depok. Pemerintah Kota Depok bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Tujuh Muara tengah melakukan clean up atau aksi bersih-bersih di situ tersebut. 

"Clean up ini merupakan sebuah kegiatan untuk mencintai alam dan membersihkan lingkungan," ujar Imam, Minggu (19/9/2021).

Lebih lanjut Imam mengungkapkan, hilangnya situ di Kota Depok diakibatkan penyerobotan(4156726 "") oleh oknum terhadap situ.

Situ yang hilang kini telah menjadi perumahan sehingga Pemkot Depok tidak dapat melakukan antisipasi terhadap situ yang hilang. Namun, Imam tidak merinci rentan waktu kejadian situ yang hilang sehingga dijual oknum. 

"Tapi jangan salahkan kami kalau di perumahan itu banjir, karena di situ adalah situ," tegas Imam.

2 dari 2 halaman

Situ Tujuh Muara Dijadikan Destinasi Wisata Air

Imam menuturkan, untuk menjaga kelestarian situ yang masih ada di Kota Depok, pihaknya akan memberdayakan Pokdarwis bekerjasama dengan warga sekitar. Imam mencontohkan Situ Tujuh Muara yang dinilai bagus dan dapat dijadikan destinasi wisata air.

"Perlu kerjasama antar instansi baik dari Pemerintah Daerah dan Pusat yang memang punya wewenang terhadap penganggaran,"ucap Imam. 

Imam menuturkan,  Situ Tujuh Muara salah satu situ yang telah dilakukan penelitian dan kajian. Situ memiliki potensi destinasi wisata mulai dari wisata air, alam, dan wisata kuliner hingga budaya di sekitar situ. 

"Rencananya akan dilakukan pembebasan lahan untuk jogging track karena sekarang terhalang lahan milik perumahan. Semoga pengelola perumahan bisa memberikan kepada kami untuk akses jogging track atau sepeda di Situ Tujuh Muara ini," pungkas Imam.