Sukses

Polda Metro Gali Motif Polantas Minta Jatah Sekarung Bawang ke Sopir Truk

Oknum Polantas berinisial Aiptu PDH yang viral karena meminta jatah sekarung bawang ke sopir truk yang diberhentikan itu kini tengah diperiksa Propam Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Bidang Propam Polda Metro Jaya menindak oknum anggota Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta atas ulahnya meminta jatah sekarung bawang ke sopir truk. Polisi lalu lintas (Polantas) berinisial Aipda PDH itu pun terancam ditahan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, Bidang Propam Polda Metro Jaya saat ini masih menginterogasi Aipda PDH. Aksinya meminta jatah sekarung bawang itu viral di media sosial.

"Kita proses, sedang kita amankan, kalau memang salah akan kita tahan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (2/11/2021).

Yusri menerangkan, pihaknya masih menggali motif Aipda PDH meminta sekarung bawang ke pengemudi truk yang diduga melanggar aturan lalu lintas. Meski secara perbuatan, polantas itu telah mengakuinya.

"Ya iya, orang terbukti ada viral di medsos. Nah itu (alasan) kita masih dalam pemeriksaan," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dicopot dari Jabatannya di Satlantas Polres Bandara Soetta

Yusri menerangkan, oknum anggota Satlantas Polres Bandara Soetta itu kini telah dicopot dari jabatannya dan dipindahtugaskan ke Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan.

"Sekarang kita lakukan pemeriksaan di Propam Polda Metro Jaya dan ditarik dari jabatannya sebagai anggota Satlantas Polresta Bandara," ujar dia.

Yusri mengutip kembali pernyataan Kapolda Metro Jaya perihal reward dan punishment. Adapun, penghargaan diberikan kepada anggota berprestasi. Sementara itu sanksi tegas diberikan kepada anggota yang melanggar.

"Pak Kapolda Polda Metro Jaya sudah tegas ada punishment ada reward, anggota yang melakukan keberhasilan akan mendapat reward tetapi yang melakukan pelanggaran akan diberikan punishment hukuman," tandas dia.

Sebelumnya beredar rekaman berdurasi 31 detik menampilkan anggota polisi lalu lintas yang sedang berdiri. Ia mengenakan seragam polisi lengkap dengan rompi hijau.

Di sampingnya persis terpakir sepeda motor matic. Terlihat juga sekarung bawang.

Sementara itu perekam video juga menyorot rekannya dan merapikan tali. Saat itulah, rekannya berbicara situasi yang dialaminya.

"Aku minta maaf bos, aku kena tilang tapi dimintai satu karung bawang. Nih bos polisi, tolong rekan-rekan bantu kondisi saya. Nih saya dimintai satu karung. Di kasih Rp 100 ribu enggak mau, mintanya satu karung bawang. Plat Nomor A*****," seperti dikutip, Selasa (21/11/2021). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.