Sukses

Punya Massa Multisegmen, Erick Thohir Berpotensi Jadi Cawapres Unggulan

Selain modal sosial, Erick Thohir juga memiliki kekuatan logistik yang mumpuni. Faktor ini tentu turut membuat daya tawar Erick Thohir bertarung di Pilpres 2024 semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu figur calon wakil presiden (Cawapres) potensial. Elektabilitas yang terus menguat dalam beberapa survei menjadi modal bagus untuk menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pengamat Politik dari The Indonesian Institute, Ahmad Hidayah menilai, Erick Thohir merupakan figur yang layak maju sebagai Cawapres 2024. Erick disebut mempunyai basis pemilih yang kuat dari lintas segmen.

Dalam beberapa temuan lembaga survei, ceruk pemilih mantan Presiden Inter Milan ini banyak berada di luar Pulau Jawa maupun Jawa. Hal tersebut tentu menjadi satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh figur-figur lainnya.

“Erick Thohir saat ini kita kenal kuat (elektabilitas). Berdasarkan Charta Politika berdasarkan wilayah bahwa hasil survei Charta menandakan bahwa Erick Thohir kuat di Kalimantan, Jawa Barat, dan Sulawesi,” ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Senin (24/10/2022).

Selain modal sosial, Erick Thohir juga memiliki kekuatan logistik yang mumpuni. Faktor ini tentu turut membuat daya tawar Erick Thohir bertarung di Pilpres 2024 semakin tinggi, sekaligus menarik minat koalisi partai pengusung.

Karena tidak bisa dipungkiri, kata Ahmad, setiap pasangan calon pasti memerlukan biaya politik yang tidak sedikit. Sebab, sosialisasi ke seluruh wilayah Indonesia tentu membutuhkan biaya besar.

“Kenapa Pak Erick Thohir layak? Bagi saya adalah kekuatan logistik. Kita tahu bahwa pemilihan di Indonesia cost-nya gede. Dengan kekuatan finansialnya yang dipunya Erick Thohir, saya rasa bisa mendukung jalannya kandidasi,” katanya memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Yaqut Sebut Erick Thohir Potensial Jadi Cawapres

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menilai Erick Thohir merupakan menteri yang paling disayang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini disampaikan Yaqut dalam acara "Shalawat Kebangsaan" memperingati Hari Santri di Kemayoran, Jakarta.

"Yang terhormat dan kita semua hormati, sahabat saya, saudara saya, Menteri BUMN Pak Haji Erick Thohir, menteri yang menurut lebah baganthong tadi itu, menteri yang disayang presiden," ujar Yaqut.

Tanpa ragu, Yaqut juga menilai Erick Thohir memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menjadi pemimpin negeri di masa depan.

"Jika Allah SWT menghendaki nanti, Pak Erick yang akan menyayangi menteri-menterinya," ucap Yaqut.

Ketua Gerakan Pemuda Anshor (GP Ansor) itu menyebut Erick yang selalu berhasil dalam mengemban setiap amanah yang diberikan sebagai inspirasi bagi para santri.

Yaqut meminta para santri meniru rekam jejak dan kesuksesan Erick. Sebagaimana Erick, Yaqut menyebut para santri juga bisa menjadi pengusaha, menteri, bahkan presiden.

"Insya Allah Pak Erick, sabar sedikit. Minimal wakil presiden, Pak," kata Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.