Sukses

Mendagri Harap Pemda Mempercepat Vaksinasi Covid-19

Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk mempercepat vaksinasi Covid-19, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menargetkan 70% untuk dosis pertama.

Adapun ini disampaikannya saat melakukan Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Sabtu 11 Desember 2021.

"Bapak Presiden dalam Ratas hari Senin lalu menargetkan 70% untuk (vaksinasi) dosis pertama tingkat nasional. Dalam rangka mencapai target tersebut, maka selama lebih kurang tiga minggu ini kita melakukan percepatan," kata Tito dalam keterangannya.

Dia pun menyinggung sebagian besar ada provinsi yang sudah mencapai 70%, namun masih ada di bawah angka tersebut untuk vaksinasi Covid-19.

"Untuk mencapai hasil 70%, maka perlu percepatan. Memang ada beberapa provinsi yang sudah mencapai target 70%, ada juga yang belum, salah satunya Sulawesi Tenggara," ungkap Tito.

Karena itu, dia berharap dengan rapat koordinasi yang dilakukan pihaknya dapat menginventarisasi permasalahan dan kendala dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

Mendatang, Tito juga akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk memastikan vaksinasi sesuai target. Harapannya, herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19.

 

2 dari 2 halaman

Permintaan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 harus tercapai di akhir tahun. Untuk itu, Jokowi memerintahkan jajarannya proaktif dan jemput bola agar target vaksinasi tercapai di akhir 2021.

"Mengenai vaksinasi, betul-betul agar target yang telah kita berikan, (yaitu) 70 persen di akhir tahun, betul-betul bisa tercapai. Saya minta proaktif, jemput bola, dan juga datangi masyarakat," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dia pun meminta agar TNI dan Polri ikut membantu program percepatan vaksinasi nasional, khususnya untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Jokowi ingin program vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilakukan Badan Intelijen Negara semakin digencarkan.

"Kita harapkan, terutama untuk pemerintah daerah yang masih rendah (tingkat) vaksinasinya, agar diberikan bantuan secara khusus," katanya.