Sukses

Anak Buahnya Jadi Kapolda NTT, Ketua KPK Firli Bahuri Ucapkan Selamat

Menurut Firli, pihaknya akan berkoordinasi dengan Mabes Polri terkait jabatan yang ditinggalkan Setyo Budiyanto.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan selamat kepada Direktur Penyidikan KPK Setyo Budiyanto atas promosi jabatannya sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Terima kasih atas perhatiannya. Kami segenap insan merasa bahagia dan bangga atas promosi jabatan Pak Setyo Budiyanto. Saya sudah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolri atas kepercayaan tersebut," tutur Firli kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Menurut Firli, pihaknya akan berkoordinasi dengan Mabes Polri terkait jabatan yang ditinggalkan Setyo Budiyanto. Hanya saja tetap akan ada seleksi untuk pengisian posisi Direktur Penyidikan KPK.

"Jadi tentu KPK akan membuat surat kepada Mabes Polri bahwa jabatan Direktur Penyidikan pada Kedeputian Penindakan KPK, sekaligus KPK akan membuka seleksi untuk mengisi jabatan tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Firli.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi tujuh jabatan Kapolda di sejumlah wilayah. Mulai dari Polda Bengkulu hingga Kalimantan Barat.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya rotas jabatan tersebut. Untuk pergantian jabatan Kapolda tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2568/XII/Kep./2021 tertanggal 17 Desember 2021.

"Ya benar proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran," tutur Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu (18/12/2021).

Dalam surat telegram tersebut, Kapolda Bengkulu Irjen Guntur Setyanto dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda Bengkulu kemudian digantikan Irjen Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri.

Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dimutasi menjadi Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun. Jabatan Kapolda Maluku diisi oleh Irjen Lotharia yang sebelumnya Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jabatan Kapolda NTT kemudian diisi oleh Brigjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya Pati Bareskrim Polri dengan penugasan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Kaltim kemudian diisi oleh Irjen Imam Sugianto yang sebelumnya Asops Kapolri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolda NTB dan Kalbar

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dimutasi dari jabatannya menjadi Asops Kapolri. Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Iqbal dirotasi menjadi Kapolda Riau.

Jabatan Kapolda NTB kemudian diisi oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya Dirtipikor Bareskrim Polri.

Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto dirotasi menjadi Kadivkum Polri. Jabatan Kapolda Kalbar kemudian diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro yang sebelumnya Kadivkum Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.