Sukses

Natal 2021, Uskup Agung Jakarta Ajak Umat Kristiani Perkuat Persaudaraan

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengajak umat Kristiani menjadikan Natal 2021 sebagai momentum untuk terus merawat persaudaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengajak umat Kristiani menjadikan Natal 2021 sebagai momentum untuk terus merawat persaudaraan. Dia bersyukur atas persaudaraan masyarakat yang saat ini sudah terjalin cukup kuat.

"Pesan Natal ini mengajak kita untuk bersyukur atas persaudaraan yang terjalin di tengah-tengah masyarakat kita," kata Ignatius Suharyo saat menyampaikan Pesan Natal dalam Perayaan Natal 2021 di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (25/12/2021).

Menurut dia, kuatnya persaudaraan masyarakat terbukti saat Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Ignatius Suharyo menyebut kekuatan persaudaraan masyarakat ini menjadi salah satu faktor Indonesia berhasil menangani pandemi virus Corona.

"Persaudaraan itu terwujud dalam berbagai macam bentuknya sehingga dengan tulus kita bisa merasakan bangga karena negara kita dinilai termasuk salah satu yang berhasil menghadapi wabah Covid-19 ini. Untuk itu, kita ingin bersyukur," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Merawat Persaudaraan

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat, khususnya umat Kristiani untuk terus merawat dan menjaga persaudaraan. Sehingga, bangsa Indonesia dapat segera keluar dari berbagai dampak yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

"Persaudaraan seperti ini tidak cukup hanya didorong oleh motivasi. Tetapi lebih lebih-lebih membutuhkan inspirasi iman. Inspirasi iman itu adalah cinta kasih Kristus," ujar Ignatius Suharyo.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Ucapkan Selamat Natal

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2021. Jokowi menyadari bahwa Natal 2021 masih dirayakan di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

"Hampir dua tahun pandemi membekap kehidupan kita, dua tahun pula saudara-saudaraku umat Kristiani melalui Hari Natal dalam keterbatasan itu," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Sabtu (25/12/2021).

Pada 2020 lalu, umat Kristiani juga merayakan Natal dengan nuansa berbeda karena pandemi virus Corona. Kendati begitu, Jokowi berharap keterbatasan tidak mengurangi kegembiraan masyarakat, khususnya umat Kristiani dalam merayakan Natal 2021.

"Saya berharap pandemi tidak mengurangi kegembiraan dan keceriaan Anda semua merayakan Natal bersama orang-orang tersayang," jelas Jokowi.

Â