Sukses

Untaian Doa dan Harapan Para Tokoh Agar Indonesia Menang Piala AFF 2020

Ajang pertandingan final Piala AFF 2020 Indonesia melawan Thailand akan berlangsung malam ini pukul 19.30 WIB, Rabu (29/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pertandingan final Piala AFF 2020 Indonesia melawan Thailand akan berlangsung malam ini pukul 19.30 WIB, Rabu (29/12/2021).

Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat di Tanah Air pun lantas mendoakan kemenangan Timnas Indonesia.

Tidak ketinggalan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Menurut dia, Timnas Indonesia tetap memiliki peluang besar memenangkan pertandingan melawan Thailand.

"Kalau melihat kekuatan dan track record tim kedua negara maka Thailand memang sedikit lebih unggul. Tapi bola itu bundar, track record adalah masa lalu yang tak harus terjadi lagi," ujar Mahfud saat dikonfirmasi terkait laga final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

Tak mau ketinggalan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun yakin Timnas Indonesia bisa menang dari Thailand pada leg pertama Final Piala AFF 2020.

"Insyaallah menang," kata Anies singkat di Balai Kota, Jakarta.

Berikut deretan untaian doa dan harapan dari para tokoh untuk Indonesia yang akan melawan Thailand di ajang final Piala AFF 2020 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wakil Gubernur DKI Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar masyarakat dapat menyaksikan perhelatan Final Piala AFF 2020 melawan Thailand dapat dilakukan di rumah masing-masing.

"Nonton diperbolehkan cuma kami minta kalau bisa nonton di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Poltikus Gerindra tersebut juga mengharapkan Indonesia dapat menang melawan negara gajah putih. "Mudah-mudahan kita menang lah paling tidak (skor) 2-1," jelas Riza.

 

3 dari 6 halaman

2. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakin Timnas Indonesia bisa menang dari Thailand pada leg pertama Final Piala AFF 2020 yang digelar nanti malam, Rabu (29/12/2021).

"Insyaallah menang," kata dia singkat di Balai Kota, Jakarta.

 

4 dari 6 halaman

3. Menko Polhukam

Seluruh elemen masyarakat di Tanah Air mendoakan kemenangan atas Indonesia melawan Thailand dalam pertandingan final Piala AFF 2020.

Tidak ketinggalan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Menurut dia, Timnas Indonesia tetap memiliki peluang besar memenangkan pertandingan melawan Thailand.

"Kalau melihat kekuatan dan track record tim kedua negara maka Thailand memang sedikit lebih unggul. Tapi bola itu bundar, track record adalah masa lalu yang tak harus terjadi lagi," tutur Mahfud saat dikonfirmasi terkait laga final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

Dia mengatakan, jejak perkembangan tim kesebelasan Indonesia semakin baik dan bagus. Dalam laga nanti, dia memprediksi Indonesia akan menang dengan selisih satu gol.

"Perkembangan kualitas Tim Indonesia sekarang cukup bagus. Apalagi bekal semangat, motivasi, dan doa bangsa kita kuat. Maka saya memprediksi Indonesia kali ini menang dengan selisih satu skor. Prediksi dan doa ini tentu harus disertai ucapan amin," kata Mahfud.

 

5 dari 6 halaman

4. Menko PMK

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendukung Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia di Final Piala AFF 2020.

Dia berharap Timnas Indonesia dapat menang melawan Thailand di pertandingan final nanti malam.

"Pasti pro Indonesia, setiap malam doa saya supaya kita menang. Saya bukan peramal, pokoknya menang lah. Syukur-syukur kalo gol-nya sangat banyak, semakin banyak gol semakin bagus untuk Indonesia," jelas Muhadjir di Kantor Kemenko PMK Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Muhadjir meminta timnas Indonesia melupakan ketidakberhasilan timnas sebelumnya yang gagal setiap masuk final. Muhadjir berpesan agar timnas Indonesia tak terbebani saat bertanding.

"Pesan saya harus punya percaya diri, melupakan ketidakberhasilan sebelumnya, itu penting, jangan terbebani lah, setiap masuk final selalu kandas, itu jangan menjadi beban. Lepas saja, lupakan itu dan bertanding untuk merah putih," ujarnya.

Terkait bonus untuk timnas, Muhadjir enggan berbicara banyak. Menurut dia, bonus merupakan urusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Bonus urusan Pak Presiden," jelas Muhadjir.

6 dari 6 halaman

Grup Piala AFF 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)
    Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)

    Final Piala AFF 2020

  • Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia
    Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia

    Indonesia vs Thailand

  • Adalah