Sukses

Tanggul Sungai Citarum Jebol, Tiga Rumah di Bekasi Rusak Parah

Sebelum tanggul jebol, kondisi cuaca saat itu sedang hujan deras, sehingga membuat tanah penopang tanggul lambat laun longsor.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggul Sungai Citarum di Kampung Tapak Serang RT 05 RW 03 Desa Lenggahjaya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali jebol. Insiden ini menyebabkan tiga rumah warga mengalami kerusakan parah akibat tertimpa longsoran tanggul.

Berdasarkan informasi, insiden tersebut terjadi pada Selasa 11 Januari 2022 sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu kondisi di wilayah tersebut sedang hujan deras, sehingga membuat tanah penopang tanggul lambat laun longsor.

Beberapa saat kemudian tanggul pun jebol dan menimpa tiga rumah warga yang berada di dekat tanggul. Para penghuni rumah yang mayoritas sedang tidur, bergegas keluar menyelamatkan diri.

Camat Cabangbungin, Asep Buchori, mengatakan panjang tanggul Sungai Citarum yang jebol mencapai sekitar 100 meter.

"Tanggul yang jebol ini yang kritis. Alhamdulillah tidak ada korban," kata Asep, Rabu (12/1/2022).

Beruntung saat itu debit air Sungai Citarum dalam ketinggian normal, sehingga airnya tidak sampai meluap ke rumah-rumah warga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Luapan Citarum

Sebagai antisipasi, pihaknya mengimbau warga agar selalu waspada terhadap luapan Sungai Citarum yang masih berpotensi sewaktu-waktu.

"Lokasi untuk warga yang mengungsi dan titik kumpul evakuasi juga sudah disiapkan," tandas Asep.

Sementara aparatur desa setempat meminta ketiga keluarga penghuni rumah yang rusak, untuk pindah sementara waktu.

Hal ini untuk menghindari longsor susulan yang masih berpotensi terjadi, mengingat curah hujan yang masih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini