Sukses

Jokowi Setujui Penonton MotoGP Mandalika 100 Ribu, Minta Seluruh Warga Divaksinasi

Presiden Jokowi menyetujui penambahan jumlah penonton di MotoGP Mandalika dari 63 ribu penonton menjadi 100 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyetujui jumlah penonton MotoGP Mandalika 2022 ditambah dari 63.000 menjadi 100.000 orang. Adapun MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 20 Maret 2022.

"Terkait dengan tambahan penonton MotoGP sesuai dengan rapat kemarin ini, ada permintaan untuk menambahkan jumlah penonton dari 63.000 menjadi 100.000. Bapak Presiden sudah memberikan persetujuan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Minggu 16 Januari 2022.

Menurut dia, tingkat vaksinasi Covid-19 di wilayah tempat penyelenggaraan MotoGP Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah tinggi. Di Lombok Tengah, capaian vaksinasi sudah mencapai 84 persen dan lansia 74 persen.

"Dan ditambahkan target booster di 76.718. Sedangkan di kota Mataram capaiannya dosis pertama sudah lebih dari 100 persen karena masyarakat yang diluar Mataram juga divaksin disana," jelasnya.

"Kemudian lansianya sudah 61 dan akan ditambahkan 158 vaksin booster," sambung Airlangga.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan Mandalika, Lombok Tengah, NTB siap menggelar MotoGP pada Maret 2022 mendatang. Dia meminta jajarannya untuk memastikan moda transportasi untuk penonton MotoGP, dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika.

"Moda transpotasi dari bandara atau dari kupang menuju ke mandalika itu betul-betul terhitung betul kebutuhannya. Sehingga jangan sampe ini kita mengelola 63.000 bukan barang mudah," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Mandalika MotoGP di Lombok NTB, Kamis 13 Januari 2022.

Adapun jumlah itu belum dihitung dengan masyarakat setempat yang kemungkinan juga datang untuk menonton MotoGP Mandalika. Jokowi mengingatkan bahwa ada banyak sekali fans atau penggemar ajang MotoGP di Indonesia.

"Sekali lagi, ini MotoGP penggemarnya banyak. Di Indonesia penggemarnya sangat banyak. Bukan banyak, sangat banyak," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembenahan Jalan Rampung Akhir Februari 2022

Selain itu, Jokowi mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membenahi jalan bypass Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika. Mulai dari, penataan jalan, penghijauan kawasan sepanjang jalan, perluasan dan penataaan jalan menuju Mandalika, hingga pelebaran jalan.

Pembenahan tersebut ditargetkan rampung pada akhir Februari 2022. Disamping itu, pemerintah melakukan pelebaran jalan kota tua serta penataan pemukiman masyarakat yang akan dijadikan homestay atau tempat penginapan.

"Homestay maupun warung penjualan souvenir, warung yang berjualan makanan semuanya agar bisa diupgrade sehingga wajah Mandalika ini betul-betul pada saat MotoGP berubah," jelas Jokowi.

Dia juga meminta agar pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam Sirkuit Mandalika dipercepat, agar tak terlalu dekat dengan pelaksanaan MotoGP. Jokowi turut mengingatkan agar sistem drainese di area Sirkuit Mandalika betul-betul diperhatikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.