Sukses

Kunjungan Jokowi ke Toba Picu Kerumunan, Istana Akui Sulit Kendalikan Antusias Warga

Video Jokowi yang sedang membagi-bagikan kaos di Pasar Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu 2 Februari 2022 viral. Masyarakat tampak berkerumunan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengakui pihaknya kesulitan mengendalikan keinginan masyarakat yang hendak bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sehingga terkadang menimbulkan kerumunan. Menurut dia, masyarakat sangat ingin bertemu dan menyapa presiden yang datang ke daerah mereka.

"Sulit ya kalau keinginan masyarakat ingin menyapa presiden," kata Heru kepada wartawan, Jumat (4/2/2022).

Hal ini disampaikan Heru menanggapi viralnya video Jokowi yang sedang membagi-bagikan kaos di Pasar Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu 2 Februari 2022. Dalam video yang beredar di twitter, tampak masyarakat mengerumuni Jokowi yang hendak naik mobil.

Para warga terlihat memegang handphone masing-masing untuk memotret Presiden Jokowi. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) pun mencoba menahan kerumunan masyarakat itu agar tak mendekat ke Jokowi.

Heru menyampaikan masyarakat di daerah sangat antusias saat mendengar kedatangan presiden. Terlebih, daerah-daerah yang belum pernah dan jarang dikunjungi presiden.

"Mereka sangat antusias. Contohnya Kabupatan Dairi sejak 74 tahun baru ini presiden hadir di Kabupaten Daire sehingga antusias," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Sudah Diimbau Pakai Masker

Menurut dia, masyarakat telah diimbau untuk menggunakan masker oleh pemerintah daerah setempat. Hanya saja, kerumunan memang membuat masyarakat kesulitan untuk menjaga jarak.

"Meraka diimbau sebelumnya untuk menggunakan masker oleh kepala wilayah," ujar Heru.

Sebelumnya, Jokowi sendiri mengakui soal keramaian masyarakat yang menyambutnya saat tiba di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Warga sangat antusias menyambut sebab Jokowi merupakan Presiden pertama yang datang ke Kabupaten Dairi.

Jokowi menyebut keramaian masyarakat sudah terlihat saat dirinya turun dari helikopter di helipad Stadion Utama Sidikalang Kabupaten Dairi. Bahkan, mobil yang ditumpangi Jokowi sampai tak bisa bergerak karena banyaknya masyarakat di jalan.

"Tadi ramai banget, dari turun helikopter sampai kesini mobilnya enggak bisa jalan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di Lapangan Sudirman Kabupaten Dairi, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 3 Februari 2022.

"Ternyata saya baru tahu, Kabupaten Dairi belum pernah dikunjungi presiden. Baru hari ini, jadi ramai banget," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.