Sukses

Jalur Puncak Bogor Berlakukan One Way, Tak Ada Ganjil Genap

Titik antrean kendaraan di jalur menuju Puncak Bogor salah satunya terjadi di sekitar arah Exit GT Ciawi menuju Simpang Gadog.

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang momen Isra Mi'raj membuat arus lalu lintas menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor saat ini sudah dipadati para wisatawan pada Minggu (27/2/2022).

Guna mencegah kepadatan tersebut, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyampaikan pihaknya pagi tadi sedang berlakukan one way atau satu jalan untuk ke arah Puncak dari Jakarta.

"Untuk jalur Puncak saat ini sedang berlangsung, proses one way arah atas untuk mengurangi kepadatan arus. Agar tidak terjadi kepadatan lebih panjang," kata Dicky saat dihubungi merdeka.com, Minggu (27/2/2022).

Dicky melaporkan kepadatan arus kendaraan atau titik antrean kendaraan di jalur menuju Puncak Bogor salah satunya terjadi di sekitar arah Exit GT Ciawi menuju Simpang Gadog.

"Saat ini antrean sendiri terjadi di Persimpangan Gadog," sebutnya.

Kendati begitu, Dicky menyampaikan ganjil genap (gage) yang digelar dalam rangka operasi keselamaran lodaya 2022 untuk arus menuju Puncak semetara tidak diberlakukan. Selama proses one way dijalankan petugas.

"Kalau sedang berlangsung one way, kita tidak bisa menjalankan ganjil genap," ujarnya.

Sedangkan untuk pemberlakuan one way sendiri, Dicky mengatakan jika pihaknya akan berlakukan one way hingga arus kendaraan kembali normal. Apabila arus sudah kembali normal, maka ganjil genap akan diterapkan kembali.

"Nah ini kita lihat arusnya dulu, kalau sudah bisa kita menormalkan ya kita kembalikan lagi. Kalau tidak, ya kita terapkan dulu," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Didominasi Pelat B

 

Adapun berdasarkan pantauan petugas di lapangan, lanjut Dicky, kendaraan yang menuju kawasan Puncak masih didominasi kendaraan dari luar kota, salah satunya Jakarta.

"Plat luar kota, masih seperti biasa ada di dominasi plat B," sebutnya

Sekedar informasi, Dikutip dari akun tmcpolresbogor, menghadapi libur panjang kali ini, polisi akan menerapkan ganjil genap pada 25-28 Februari 2022, pukul 14.00 hingga 24.00 WIB.

Sementara, dari laporan akun twitter @PTJasamarga disampaikan untuk kondisi arus lalu lintas di Tol Jagorawi, terpantau lancar di kedua sisinya.

"09.00 WIB #Tol_Jagorawi Cawang - TMII - Cibubur - Bogor - Ciawi LANCAR. ; Ciawi - Bogor - Cibubur - TMII - Cawang LANCAR," tulis akun tersebut.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com