Sukses

Wamenkes: Tren Kasus Covid-19 Nasional Alami Penurunan

Dante Saksono Harbuwono mengatakan, tren kasus Covid-19 secara nasional sudah mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, tren kasus Covid-19 secara nasional sudah mengalami penurunan.

Kendati, masih terdapat lima provinsi dengan tren penularan meningkat, yakni; Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Kalimantan Utara.

"Yang tampak saat ini bahwa tren kasus secara nasional sudah mulai menurun, angka reproduksi sudah turun di setiap pulau besar di Indonesia," kata Dante dalam konferensi pers secara daring, Senin (7/2/2022).

Kondisi pelandaian kasus juga diikuti dengan perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit yang terus menurun. Dia menyebutkan, 69 persen pasien di rumah sakit merupakan pasien Covid-19 gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

"Jadi sebenarnya kasus yang dirawat adalah kasus yang tidak perlu perawatan secara (intensif)," jelas Dante.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Kematian

Dante juga menyampaikan, untuk kasus kematian akibat Covid-19, sebesar 50 persen kasus kematian terjadi terhadap pasien dengan penyakit penyerta (komorbid) tak terkontrol. Atau, pasien belum menerima vaksin dosis pertama ataupun lengkap.

"Jadi tidak semua pasien meninggal karena Covid, tapi ada yang meninggal dengan Covid. Hasil audit kematian di rumah sakit menunjukkan mayoritas kematian adalah lansia dengan komorbid diabetes, hipertensi, gagal ginjal," kata dia.

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.