Sukses

Profil Andi Sudirman, Gubernur Termuda yang Segera Dilantik Jokowi

Presiden Jokowi akan melantik Andi Sudirman Sualaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memang memiliki kekosongan jabatan usai gubernurnya, Nurdin Abdullah terjerat kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi akan melantik Andi Sudirman Sualaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memang memiliki kekosongan jabatan usai gubernurnya, Nurdin Abdullah terjerat kasus korupsi.

Namun pada hari ini, Kamis (10/3/2022), posisi itu bakal diisi oleh Andi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel.

Menurut keterangan Istana, Andi akan dilantik Jokowi pada pukul 15.00 WIB di Istana Negara Jakarta. Andi dilantik bersama Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita Negara untuk Ibu Kota Negara (IKN).

Menengok rekam jejaknya, Andi maju sebagai sosok independen atau nonpartai. Selain dikenal sebagai adik eks Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Andi merupakan sosok muda di tataran kepala daerah setingkat gubernur.

Selama ini, jajaran gubernur muda diisi oleh Ridwan Kamil (Jawa Barat) yang lahir pada 4 Oktober 1971, Anies Baswedan (DKI Jakarta) yang lahir 7 Mei 1969 dan Ganjar Pranowo (Jawa Tengah) 28 Oktober 1968.

Andi, pria kelahiran Bone pada 25 September 1983. Dia adalah seorang insinyur lulusan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karier

Sebelum terjun ke politik, Andi pernah bekerja pada berbagai perusahaan. Seperti PT Thiess Contractor Indonesia (2007), PT Petrosea Tbk pada 2008-2009, PT Marine Engineering Services pada 2009-2014, hingga PT Offshore Services Indonesia.

Kini dalam hitungan jam, Andi akan mengemban jabatan baru sebagai gubernur. Jika sudah sah, Andi akan menyandang predikan sebagai gubernur termuda yang pernah ada di Indonesia, 38 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.