Sukses

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Parade MotoGP di Jakarta Hari Ini

Parade MotoGP menyapa warga Jakarta, hari ini, Rabu 16 Maret 2022. Tercatat, akan ada 20 pembalap internasional yang akan menggeber motor balap andalannya di sepanjang kawasan Medan Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Parade MotoGP menyapa warga Jakarta, hari ini, Rabu 16 Maret 2022. Tercatat, akan ada 20 pembalap internasional yang akan menggeber motor balap andalannya di sepanjang kawasan Medan Merdeka. Namun demikian, ada empat hal yang perlu diketahui tentang parade MotoGP di Jakarta ini.

Mulai dari sarapan bareng Presiden Jokowi, hingga pengawalan ekstra ketat dari 500 anggota kepolisian. Selain itu, bakal ada jalanan yang ditutup selama parade berlangsung.

Berikut 4 hal soal parade MotoGP yang harus kamu tahu:

1. Sarapan Bersama Jokowi

Hadirnya para pembalap untuk berparade adalah bentuk sambutan selamat datang kepada masyarakat Indonesia. Sebelum nantinya, mereka akan berlaga pada ajang MotoGP 18 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. Parade ini akan dimulai dari Istana Negara Jakarta. Mereka akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu dan mendapat jamuan sarapan pagi bersama sang kepala negara.

"Jadi rencananya Bapak Presiden akan menerima para pembalap ini, diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana. Hingga akhirnya pada pukul 10.00 WIB para pembalap akan dilepas secara resmi oleh presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika" kata Cahyadi kepada awak media di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Rute dan Jadwal Parade

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo, parade akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan titik awal Istana Merdeka Jakarta menuju Hotel Kempinski Jakarta di Kawasan Bundaran HI. Oleh karena itu, ruas jalan tersebut akan ditutup selama acara berlangsung.

"Akan ada penutupan ruas jalan di kawasan tersebut," jelas Sambodo.

Terkait penutupan ruas jalan, Sambodo menjelaskan,hal itu akan dilakukan hingga pukul 11.00 WIB. Namun Sambodo memastikan ruas jalan ditutup hanya satu arah sehingga di ruas jalan arus berlawanan, kendaraan lain masih dapat melintas kawasan tersebut.

"Penutupan hanya dilakukan pada rute dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI. Sedangkan, rute Bundaran HI menuju Istana Merdeka tetap dibuka seperti biasa," jelas dia.

3 dari 5 halaman

3. Pengamanan Ketat Kepolisian

Soal pengamanan, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto menambahkan, sebanyak 500 personel akan diterjunkan. Hal ini mengingat parade berisi para pembalap kelas dunia yang akan berlaga pada ajang internasional.

"Pengamanan jalur kami telah menyiapkan sebanyak 500 personel dari jajaran kepolisian," jelas Marsudianto.

4 dari 5 halaman

4. Daftar Pembalap Ikut Parade

Menghimpun informasi sementara, disebutkan akan ada 20 pembalap yang akan hadir dalam parade. Mereka adalah para jagoan sirukuit dari manca negara hingga dalam negeri. Tercatat 18 orang adalah pembalap asing dan 2 orang asal Indonesia.

Berikut daftar pembalap yang dijadwalkan ikut dalam parade tersebut:

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

3. Johann Zarco (Pramac Racing)

4. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

6. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)

7. Enea Bastianini (Gresini Racing)

8. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP)

9. Pol Espargaro (Repsol Honda)

10. Jack Miller (Ducati Lenovo)

11. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

12. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)

13. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

14. Jorge Martin (Pramac Racing)

15. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)

16. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

17. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

18. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

19. Mario Aji (Honda Asia Team)

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.