Sukses

Kondisi Pelabuhan Merak H-1 Idul Fitri

H-1 Idul Fitri 1443 H, kondisi Pelabuhan Merak masih terus didatangi pemudik. Sebagian dermaga terisi oleh kendaraan yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni, sebagian lagi nampak kosong.

Liputan6.com, Jakarta - H-1 Idul Fitri 1443 H, kondisi Pelabuhan Merak masih terus didatangi pemudik. Sebagian dermaga terisi oleh kendaraan yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni, sebagian lagi nampak kosong.

Usai bermacet-macetan dan melakukan skenario merah, satu hari jelang Lebaran, polisi kini menerapkan skenario hijau di jalur Pelabuhan Merak.

"Walaupun di beberapa dermaga masih ada kendaraan yang menunggu masuk ke kapal, tapi ini sudah dikategorikan situasi hijau," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, Minggu (01/05/2022).

Kepadatan kendaraan di luar Pelabuhan Merak sudah terurai sejak Minggu pagi, 01 Mei 2022, sekitar pukul 05.00 wib. Jalan Cikuasa Atas juga sudah tidak dijadikan kantung parkir dan bisa dilalui kedua arahnya.

"Karena sudah landai, jalur evakuasi di Cikuasa Atas pun suda kita normalkan kembali. Jadi bisa digunakan dua arah berlawanan di Cikuasa Atas," terangnya.

2 dari 3 halaman

Tujuan Lampung

Menurut Yusuf, masyarakat yang menyebrang hari ini dari Pelabuhan Merak merupakan pemudik dengan tujuan daerah yang berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Pemudik yang berdatangan masih ada, tapi jauh berkurang sekali daripada hari sebelumnya. Dan tadi pagi, rata-rata yang berabgkat itu orang dekat, bukan orang dari jauh," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Total Penumpang

Berdasarkan data terbaru dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak yang dihimpun sejak H-10, total penumpang yang sudah disebrangkan sebanyak 760.911 orang.

Kemudian sepeda motor berjumlah 69.527 unit, mobil 93.298 unit, bus 4.625 unit dan truk 22.015 unit.