Sukses

Lily Wahid Meninggal, Cak Imin Minta Kader PKB Sholat Gaib dan Tahlil

Lily Wahid, adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengembuskan napas terakhir pada Senin sore (9/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Lily Khodijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim. Lily Wahid, adik Gus Dur tersebut mengembuskan napas terakhir pada Senin sore (9/5/2022).

Menurut Muhaimin alias Cak Imin, Lily Wahid adalah tokoh bangsa yang kepergiannya bukan saja menjadi duka baginya, tapi juga Indonesia.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun. Saya dan keluarga besar PKB menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Ibu Lily Chadijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim hari ini. Ini bukan saja duka saya, tapi duka Indonesia," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Senin, (9/5/2022).

Muhaimin mengajak seluruh pengurus dan kader PKB untuk menggelar sholat gaib dan melantunkan tahlil dan doa untuk almarhumah.

"Saya instruksikan seluruh pengurus dan kader PKB untuk sholat gaib dan tahlilan dari rumah dan kantor masing-masing," kata dia.

Lily Wahid yang juga adik dari Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia pada Senin (9/5/2022) pukul 16.28 WIB.

Mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB ini meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta setelah menjalani perawatan intensif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lily Wahid, Adik Presiden KH Abdurahman Wahid Meninggal Dunia

Lily Wahid, adik Presiden keempat RI KH Abdurahman Wahid meninggal dunia. Lily Wahid meninggal setelah sempat menjalani perawatan di RSCM, Jakarta.

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengabarkan berita duka tersebut. Wanita yang sempat berkiprah di PKB itu meninggal Pukul 16.25 WIB.

Lily Chadijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim rencananya akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

"Jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang," kata Cak Imin dikutip dari Akun Twitternya, Senin (9/5).

3 dari 4 halaman

Disemayamkan di Cibubur

Adik Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Lily Wahid meninggal dunia pada Senin (9/5/2022) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada pukul 16.28 WIB.

Kabar berpulangnya Lily dibenarkan oleh keponakan Lily yakni Ipang Wahid. Ipang menyebut Lily akan disemayamkan di Cibubur sebelum besok dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang.

"Telah berpulang Rahmatullah, ‎Ibu Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim ‎pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28. ‎Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur," kata Ipang, Senin (9/5/2022).

 

4 dari 4 halaman

Profil

Lily Chodidjah Wahid atau yang akrab dipanggil Lily Wahid adalah adalah adik kandung KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Dia lahir di Jombang 4 Maret 1948.

Namanya baru mulai dikenai publik ketika mendukung kepengurusan PKB hasil Muktamar Ancol awal 2008 yang melahirkan Muhaimin Iskandar dan Lukman Edy, masing-masing sebagai ketua umum dan sekjen.

Kala itu, Lily berseberangan dengan kakaknya, Gus Dur. Karena jasanya itulah Lily Wahid selanjutnya ditempatkan sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB.

Dari posisi itu, Lily makin dikenal publik. Dan pada Pemilu 2009, Lily Wahid selanjutnya melenggang ke DPR setelah memenangkan pertarungan di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur II.

Di DPR, ibu beranak tiga ini kritis terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap bisa merugikan masyarakat. Bersama politikus perempuan dari partai lain, Lily menjadi inisiator koalisi politisi perempuan di parlemen.

Saat skandal Bank Century mencuat, Lily bersama delapan anggota DPR dari lintas fraksi berinisiatif membentuk Tim Sembilan. Tim inilah yang menggagas usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut kasus pengucuran dana Rp 6,7 triliun ke Bank Century. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.