Sukses

Eril Anak Ridwan Kamil Dinyatakan Meninggal, Pemkot Bandung Sampaikan Duka Mendalam

Selain mengirim doa untuk almarhum Eril, masyarakat Kota Bandung juga mendoakan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil agar tabah dan kuat menghadapi ujian.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu diyakini telah meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Pihak Pemkot Bandung juga menggelar doa bersama untuk Eril di Masjid Al Ukhuwah, Jumat (3/6/2022).

Doa bersama diawali kegiatan salat asar berjemaah dan dihadiri Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana, serta jajaran OPD Pemerintah Kota Bandung.

“Innalillahi wainnailaihi raajiun, telah dinyatakan meninggal oleh keluarga saudara Emmeril Kahn Mumtadz bin Mochammad Ridwan Kamil. Kami atas nama Pemkot Bandung mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya bagi keluarga,” kata Yana.

Yana juga berterima kasih kepada jemaah yang telah hadir melaksanakan salat gaib di Masjid Al Ukhuwah. Doa bersama untuk Eril, dipimpin oleh KH Maftuh Kholil. Selain mengirim doa untuk Eril, masyarakat Kota Bandung juga mendoakan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Semoga Allah melimpahkan rahmat, kesabaran, ketabahan dalam menerima musibah yang berat ini. Jikalau Allah menghendaki meringankan, Gubernur dan keluarga Insyaallah mereka akan menerimanya dengan lapang,” kata Maftuh.

Kegiatan salat gaib juga dilaksanakan di masjid-masjid Kota Bandung. Mulai dari Masjid Raya Bandung, hingga masjid-masjid di gang seperti Masjid Al Baraqah, Kecamatan Sumur Bandung.

Salat gaib dilakukan sesudah waktu salat Jumat. Sedangkan doa bersama dilakukan setelah waktu salat Jumat.

Untuk diketahui, salat gaib dan doa bersama ini merujuk pada surat edaran MUI Provinsi Jawa Barat. Dalam surat tersebut, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selaku orangtua dari Emmeril Kahn telah meyakini putranya meninggal dunia.

Status pencarian Eril pun berubah dari orang yang hilang menjadi orang yang tenggelam. Karena jasadnya belum ditemukan, maka salat jenazah almarhum Eril dilakukan dengan cara salat gaib.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Pimpin Salat Gaib di Tepi Sungai Aare Swiss

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat melakukan salat gaib di depan Sungai Aare, Swiss, tempat hilangnya sang putra Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Keluarga yang mewakili sebelumnya juga telah mengumumkan bahwa Eril dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan foto yang diterima Liputan6.com, Ridwan Kamil tampak memimpin atau menjadi imam dalam prosesi salat gaib tersebut. Dia menghadap ke sungai Aare bersama jemaah yang terbagi dalam tiga shaf.

"Kang Emil dan keluarga telah melakukan salat ghaib di Bern sebelum bertolak ke Indonesia," tulis keterangan yang dikutip, Jumat (3/6/2022).

Foto lain juga menunjukkan Ridwan Kamil didampingi istri yakni Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra berada persis di tepi Sungai Aare melepaskan setangkai bunga mawar merah muda ke aliran sungai.

Tampak Ridwan Kamil jongkok bersama Zahra. Sementara Atalia berdiri dengan wajah tertunduk dan memegang pundak suaminya.

Sementara foto lainnya menunjukkan sebuah tag penanda identitas yang diikat ke sebuah pohon dengan tali warna ungu. Di dalamnya tertulis, "In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz. Born 25 June '99 NYC. Passed 26 May '22 Bern."

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dinyatakan wafat karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss, pada Jumat (3/6/2022). Sebanyak 5.000 jamaah di Masjid Raya Bandung pun menggelar salat gaib untuk mendoakan Eril.

 

3 dari 4 halaman

MUI Jabar Imbau Masyarakat Gelar Salat Gaib untuk Eril

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jabar mengimbau agar masyarakat muslim menggelar salat gaib pada Jumat (3/6/2022).

MUI Jabar menyerukan salat gaib setelah adanya pertemuan dengan pihak keluarga Ridwan Kamil, malam tadi di Kantor MUI Jabar. Imbauan dikeluarkan melalui surat edaran yang ditandatangani Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe'i dan Sekretaris Umum Rafani Achyar.

Dalam pertemuan yang dihadiri Ridwan Kamil secara virtual beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa Eril sudah meninggal dunia karena tenggelam.

"Bapak Moch Ridwan Kamil beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam," ucap Rachmat, Kamis (2/6/2022).

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, yang tenggelam di Sungai Aare, Swiss pada 26 Juli 2022 silam belum juga ditemukan. Segala upaya sudah dilakukan oleh Ridwan Kamil dan keluarga untuk menemukan Emmeril atau yang akrab disapa Eril.

 

4 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Sekeluarga Putuskan Pulang ke Indonesia

Sepekan sejak Eril dikabarkan tenggelam di Sungai Aare, Ridwan Kamil dan keluarga pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Hal ini diketahui dari unggahan Atalia Praratya lewat unggahannya di Twitter hingga Instagram.

Pada postingan tersebut terlihat Atalia mengunggah foto di pinggir sungai Aare bersama Ridwan Kamil dan putrinya, Zara. Ibu dua anak ini pun menulis pesan menyentuh untuk sang anak sulung. Pada pesan tersebut Atalia Praratya seolah telah ikhlas melepaskan putra sulungnya dengan doa dan harapan terbaik.

"Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia, ya.. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada..."

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus. Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat," Tulisnya

"Seperti yang pak walikota sampaikan, "The city of Bern will forever be deeply connected to us..." Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas, Atalia Aare river, juni 2022."

Pesan menyentuh yang dituliskan oleh istri Ridwan Kamil itu pun sontak membuat seluruh masyarakat merasa terharu. Tak sedikit kerabat hingga masyarakat Indonesia yang turut memberikan doa dan dukungan.