Sukses

Poltracking: Elektabilitas Erick Thohir Lampaui AHY, Puan, hingga Ridwan Kamil sebagai Cawapres

Erick juga masuk ke dalam nama 10 capres teratas menyaingi nama-nama populer. Dalam bursa capres, Erick Thohir konsisten bersama nama-nama besar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir meraih posisi teratas pada survei cawapres terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia pada Kamis (9/6/2022). Erick Thohir dalam sigi tersebut, konsisten berada di posisi teratas dalam bursa cawapres 2024.

"Dalam simulasi surat suara 10 nama Cawapres 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Sandiaga Salahuddin Uno (15.5%), Erick Thohir (12.4%),” ungkat Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda dalam rilis Poltracking Indonesia bertajuk “Ptoyeksi Kandidat Kuat Kandidasi Pilpres 2024.

Nama Erick Thohir berhasil melompati nama-nama yang sebelumnya berada di tingkat teratas. Elektabiltias Erick Thohir melewati Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih 11.7%. Kemudian Ridwan Kamil dengan angka 8.1%, Puan Maharani 6.8%, Khofifah Indar Parawansa yang berada di angka 4.9%, Airlangga Hartarto di angka 4.5%.

Lalu disusul Andika Perkasa yang meraih 2.8%, Mahfud MD 2.2% dan Muhaimin Iskandar (0.7%).

Selain itu, eks Presiden Inter Milan ini juga masuk ke dalam nama 10 capres teratas menyaingi nama-nama populer. Dalam bursa capres, Erick Thohir konsisten bersama nama-nama besar lainnya.

"Simulasi surat suara 10 nama Capres 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Ganjar Pranowo (26.9%), Prabowo Subianto (22.5%), Anies Baswedan (16.8%), Agus Harimurti Yudhoyono (3.6%), Ridwan Kamil (3.4%), Erick Thohir (2.6%), Sandiaga Salahuddin Uno (2.2%), Khofifah Indar Parawansa (2.0%), Airlangga Hartarto (1.8%) dan Puan Maharani (1.2%),” ungkapnya.

Dalam simulasi berpasangan, Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi saat diduetkan dengan Ganjar Pranowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipasangan dengan Ganjar Pranowo

Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Erick Thohir berhasil menyaingi pasangan Prabowo Subianto Puan Maharani dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono.

"Dalam simulasi 3 pasangan calon presiden-wakil presiden, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 27,6%, diikuti pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani 20,7% dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 17,9%,” jelasnya.

Sebagai informasi, Survei Poltracking Indonesia diselenggarakan pada 16-22 Mei 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Survei Poltracking Indonesia melibatkan 1220 responden dengan margin of error (MoE) +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sampel survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir