Sukses

Kemendagri Sudah Terima Surat Izin Cuti Ridwan Kamil untuk Kembali ke Swiss

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri membenarkan pihaknya telah menerima surat cuti dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri membenarkan pihaknya telah menerima surat cuti dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil.

Diketahui, Kang Emil mengambil cuti untuk kembali terbang ke Swiss terkait pencarian putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang dinyatakan hilang di Sungai Aare.

"Ya, kami sudah menerima (surat cuti Ridwan Kamil). Kemendagri sudah menerima surat permohonan izin cuti dari pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Benny, Kamis (9/6/2022).

Dia mengungkapkan, alasan Kang Emil itu mengajukan cuti terkait kondisi kedukaan keluarga.

"Alasan kedukaan anggota keluarga," kata dia.

Sebelumnya, Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jawa Barat mengungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Cuti diajukan selama 11 hari untuk kembali ke Swiss terkait pencarian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, izin cuti Gubernur Jabar berlaku mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2022.

"Terkait izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting dan Alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri mulai dari 9-19 Juni 2022," tutur Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipegang Wagub

Lebih lanjut, Wahyu menuturkan, dengan cutinya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, urusan pemerintahan untuk sementara dijalankan oleh Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

"Untuk memastikan jalannya pemerintahan Pak Wakil Gubernur dipastikan menjadi Pelaksana harian gubernur sampai kembalinya Pak Gubernur sebagai Gubernur Jabar," kata dia.

Ridwan Kamil sendiri telah bertolak ke Swiss pada Kamis pagi. Pria yang akrab disapa Emil itu pergi bersama asistennya.

"Sementara itu, Pak Gubernur sudah berangkat ke Swiss hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," turur Wahyu.

 

3 dari 3 halaman

Ada Progres

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengungkapkan terdapat progres dari pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aare.

"Memang ada progres, namun KBRI Bern masih menunggu konfirmasi dan informasi detail terkait dari kepolisian Bern," kata Judha dalam konferensi pers secara daring.

Meski begitu, Judha menuturkan pihaknya masih menunggu informasi lengkap dari KBRI di Bern.

"Jika dapat info kami akan sampaikan secara khusus. Nanti KBRI Bern akan ada sesi pers briefing khusus," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.