Sukses

Menhan AS Ngaku Ingin Dengar Prabowo Berpidato Saat Bertemu di Singapura

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III di Singapura. Mereka bercengkrama saat hadir dalam acara Dutch Pavilion Hotel Shangri-La Singapura, hari ini, Jumat (10/6/2022).

Perbincangan antara kedua menteri ini diawali dengan canda dari Menhan AS Lloyd. Dia mengatakan, ingin mendengar Prabowo berpidato seperti saat dirinya memberikan opening speech di forum Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021 di Bahrain pada November 2021 lalu.

"Thank God, alhamdulillah kali ini saya tidak harus pidato," jawab Prabowo dengan diiringi tawa dari Lloyd seperti dikutip dalam keterangan pers resmi diterima, Jumat (10/6/2022).

Pada IISS Manama Dialogue yang dihelat tahun lalu, Prabowo menyampaikan pidato pembuka tentang kekuatan yang seimbang dengan kebajikan adalah kunci dari perdamaian dunia. Selain itu, Prabowo berpesan kepada para pemimpin dunia untuk mencerminkan nilai kebajikan dan rasa hormat satu sama lain.

“Pemimpin harus mencerminkan kebajikan dan rasa hormat. Kekuatan-kekuatan besar dunia perlu menghayati ini. Hanya dengan begitulah sejarah akan menilai mereka. Tidak hanya menjadi kekuatan besar, tetapi lebih penting dan abadi, yaitu menjadi peradaban besar,” tutur Prabowo dalam pidatonya tahun lalu di IISS Manama Bahrain 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Lain

Sebagai informasi, Prabowo berada di Singapura dalam rangka berbicara pada panel diskusi dengan tajuk, "Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar," dalam forum IISS Shangri-La Dialogue 2022. Forum ini adalah wadah penting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Selain bertemu dengan Menhan AS, Prabowo pada hari yang sama melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Kementerian Pertahanan Singapura. Pertemuan itu diawali dengan kedua menteri meninjau Guard of Honour atau jajar kehormatan.

Adapun di hari yang sama dalam kesempatan berbeda, Prabowo berbincang santai dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. Kedua menteri tersebut bertukar pandangan terkait isu global sembari menikmati sarapan dan segelas kopi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.