Sukses

PDIP Sebut Pemimpin Bukan Sekedar Masalah Elektoral

Menurut dia, partainya tidak hanya hanya berbicara soal angka elektoral melainkan lebih kepada persoalan kebangsaan seperti pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Teka-teki pilihan calon pemimpin yang akan diusung PDIP untuk Pemilu 2024 masih tanda tanya.

Munculnya dua nama dari internal partai, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, membuat Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara.

Menurut dia, partainya tidak hanya hanya berbicara soal angka elektoral melainkan lebih kepada persoalan kebangsaan seperti pendidikan.

"Masalah pemimpin ini bukan sekadar masalah elektoral. Mari kita lihat masalah bangsa ini. Hari ini di sosmed beredar apa yang disebut sebagai world university ranking. Ranking universitas kita Gadjah Mada itu berada pada tingkat 224 di dunia," kata Hasto saat pengarahan dalam acara Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).

Dia mengklaim, hal tersebut sesuai dengan arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Dia ingin, mengajak segenap kader PDIP memiliki gaya berpolitik dengan fokus menyelesaikan masalah fundamental bangsa.

"Itu sebenarnya tugas kita. Kalau sedikit-sedikit bergerak pada instrumen-instrumen elektoral, ini bisa menggeser persoalan pokok yang kita hadapi," kritik Hasto.

Dia pun memastikan, partainya akan tegak lurus bergerak ke bawah dan tidak tergoda dengan ramainya manuver politik.

"Jadi banyak masalah lebih penting daripada sekadar berbicara tentang soal kelincahan manuver politik. Itu adalah semangat yang ingin dibawa PDI Perjuangan," kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Tergoda

Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya tetap melakukan konsolidasi sesuai instruksi Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Oleh karena itu, dia menyatakan tidak akan tergoda akan adanya manuver untuk Pemilu 2024.

"Kita tidak tergoda. Bagi mereka yang belum-belum sudah melakukan, istilahnya gerakan bebas, gerakan tambahan untuk 2024. Karena setiap hari kami menyiapkan diri dalam konsolidasi," kata Hasto memberikan sambutan di acara Pembukaan Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).

Dia mengatakan, satu di antara konsolidasi internal yang dilakukan adalah dengan menggelar Pembukaan Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022.

Hasto percaya, dengan hal itu bisa memahami cara berorganisasi yang mengedepankan kepentingan rakyat setelah digelarnya kegiatan hari ini.

"Bukan cara-cara individual, bukan dengan cara-cara manuver elite saudara-saudara sekalian. Sikap manuver kita adalah manuver kerakyatan, manuver yang bergerak ke bawah," ungkap dia.

 

3 dari 3 halaman

Diserahkan ke Megawati

Pria kelahiran Yogyakarta itu kemudian menyebut, urusan Pilpres 2024 bagi PDIP diserahkan sepenuhnya kepada Megawati Soekarnoputri.

"Mandatnya ada dan terbukti 2014, 2019 melahirkan kepemimpinan Pak Jokowi yang mampu membawa kemajuan bagi indonesia raya," kata Hasto.

Hasto berharap, kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin dapat terus dilanjutkan pada periode selanjutnya.

Khususnya melalui pembangunan inftastruktur dan kebijakan yang berpihak dengan rakyat

"Itu dilanjutkan sustainability, developmentnya, keberpihakan dengan rakyat, pembangunan infrastruktur, dalam koridor strategis yang berkelanjutan sejak zaman Bung Karno, Bu Megawati hingga sekarang dan ke depan," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PDIP