Sukses

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Bakal Langsung Disalatkan Setiba di Bandung

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam. Ridwan Kamil sendiri yang akan mengimami salat jenazah putra sulungnya itu.

"Setibanya di Bandung, yang akan dilakukan pertama, Pak Ridwan Kamil memimpin keluarga besar mensalatkan Eril," ungkap kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).

Lalu, selepas salat jenazah, maka warga atau publik yang ingin juga mendoakan, akan diberikan kesempatan mulai pukul 23.00 WIB, hingga keesokan harinya, Senin 13 Juni 2022, sekitar pukul 08.00.

Sebab, pada Senin sekitar pukul 09.00, rombongan akan bertolak ke pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung. Tepatnya di lahan Islamic Center, milik keluarga besar.

"Pada saat pemakaman ini, situasi lokasi pemakaman akan ada pengaturan. Sehingga diharapkan kepada keluarga dan tokoh yang akan hadir sudah dapat ada di lokasi pukul 10.00, sehingga prosesi pemakaman dapat dilaksanakan pukul 11.00 dan berakhir pada siang hari," tutur Erwin.

Setelah itu, lahan atau area pemakaman akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum melaksanakan ziarah makam, untuk mendoakan almarhum Eril, anak Ridwan kamil.

Saat ini, mobil jenazah yang akan membawa jenazah Eril dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandung, sudah parkir di halaman terminal Kargo Jenazah. Begitu juga dengan poto besar wajah Eril, juga sudah disiapkan keluarga di dalam Kargo Jenazah.

2 dari 4 halaman

Sang Ibu, Atalia Ikut Jemput di Bandara

Rombongan yang membawa jenazah Emmeril Khan Mumtadz (Eril) dipastikan sudah berangkat dari bandara transit di Doha, Qatar. Jenazah pun diperkirakan tiba tepat waktu di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pukul 15.45 WIB.

Hal tersebut diungkapkan kakak kandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).

"Menginformasikan ketibaan rombongan, saat ini sudah berangkat dari Doha dan perkiraan waktu ketibaan 15.45 WIB. Nah setibanya di tanah air, rombongan dan jenazah akan dibawa ke sini, ke lokasi kargo jenazah human remains transit lounge sebagaimana WNI wafat di luar negeri," tutur Erwin kepada awak media.

Rombongan dari Pemprov Jawa Barat dan keluarga juga berada di Kargo Jenazah untuk memproses prosedur jenazah Eril tiba di Indonesia. Tidak ada yang khusus, prosedur dilakukan sebagaimana ketika ada jenazah WNI yang datang dari luar negeri.

"Setelah itu, kami akan secepatnya ke Bandung menuju ke kediaman resmi Gubernur Ridwan Kamil di Pakuan Bandung," ungkap Erwin.

Erwin juga memastikan, selain sang ayah almarhum Eril, Ridwan Kamil, sang ibu Atalia Praratya dan sang adik Camellia Azzahra, juga dipastikan akan berada di Terminal Kargo Jenazah untuk ikut menerima jenazah Eril.

"Ibu Atalia Praratya dan adik Eril, akan datang untuk menjemput ke sini. Dan akan bersama rombongan ke Gedung Pakuan," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Proses Kedatangan hingga Pengantaran ke Bandung

Pengamanan dari Polres Bandara Soekarno-Hatta diturunkan untuk pengawalan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang.

Kapolres Bandara Soetta, Kombes Pol Sigit Dany, mengatakan, saat tiba di Indonesia, proses kedatangan pesawat nantinya akan mendapatkan prioritas penuh mulai dari turun pesawat dan proses penyerahan jenazah.

"Diharapkan akan memakan waktu 30 sampai 45 menit, mulai dari proses turun pesawat kemudian kegiatan penyerahan bisa selesai," katanya, Minggu (12/6/2022).

Hingga dilanjutkan dengan perjalanan menuju Bandung yang akan mendapatkan pengawalan Polda Jawa Barat, mulai dari Kargo Human Remains Bandara Soetta.

"Kita hanya di area bandara saja, karena nanti mulai dari kargo menuju Bandung, akan dikawal pihak Polda Jawa Barat. Dan dalam proses ini, estimasi perjalanan ke Bandung waktu 1 sampai 1,5 jam. Rutenya pun melalui tol," ujarnya.

Diketahui, dalam serah terima nanti, akan dihadiri juga oleh beberapa perwakilan kementerian, serta instansi terkait. Dan akan dilakukan secara singkat. Hal ini agar jenazah ananda Eril bisa segera tiba di rumah duka.

4 dari 4 halaman

Ribuan Warga Mulai Berdatangan

Ribuan warga berbondong-bondong mendatangi Gedung Pakuan di Kota Bandung yang merupakan Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Minggu (12/6/2022). Momen kedatangan warga itu merupakan bagian dari kegiatan takziah untuk Eril yang dipersilakan keluarga Ridwan Kamil.

Pantauan Liputan6.com, warga terlihat memasuki Gedung Pakuan melalui gerbang di pintu barat atau tepatnya di Jalan Cicendo, Kota Bandung. Petugas pun mengatur antrean warga yang hendak masuk agar tidak padat saat berada di dalam Gedung Pakuan.

Kemudian, warga yang datang diarahkan ke ruang ekspresi atau ruang biru di sisi barat Gedung Pakuan untuk menuliskan doa bagi Eril serta harapan bagi keluarga Ridwan Kamil.

Hendy, salah seorang petugas keamanan di Gedung Pakuan menyebutkan, gerbang mulai dibuka sekitar pukul 07:00 WIB karena membludaknya warga yang hendak mendoakan Eri. Namun protokol Gedung Pakuan mengatur warga yang hendak masuk ke ruang ekspresi karena ruangan tersebut tidak terlalu luas.

"Sampai pukul 11.00, sudah ada 1.031 orang yang masuk ke Gedung Pakuan. Itu dari jam tujuh pagi setelah ada perintah untuk dibuka," kata Hendy.