Sukses

Isu Reshuffle Menguat, Prabowo Temui Jokowi di Istana

Selain Prabowo, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dikabarkan juga akan menghadap Jokowi pada Selasa sore hari ini.

 

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022). Pertemuan dilakukan ditengah hangatnya isu reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan Jokowi pada Rabu, 15 Juni 2022.

Pantauan Liputan6.com, Prabowo menemui Jokowi tidak melewati pintu pilar Istana Negara yang biasanya dilalui para menteri. Namun, Menteri Pertahanan itu masuk lewat pintu Bali yang berada di samping Masjid Baiturrahim Kompleks Istana.

Prabowo yang tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang, keluar dari pintu Bali sekitar pukul 16.37 WIB. Dia langsung meninggalkan kompleks istana dengan menggunakan mobil SUV putih.

Belum diketahui apa yang dibahas oleh Jokowi dan Prabowo dalam pertemuan ini. Selain Prabowo, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dikabarkan juga akan menghadap Jokowi pada Selasa sore hari ini.

Jokowi juga memanggil sejumlah menteri dan tokoh pada Selasa sore hari ini. Mulai dari, Menteri Perdagangan M. Luthfi, Menteti ATR/BPN Sofyan Djalil, hingga mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) disebut-sebut akan mengisi kursi kabinet.

 

2 dari 2 halaman

Kewenangan Penuh Jokowi

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjawab soal kabar reshuffle kabinet dan isu Partai Amanat Nasional (PAN) akan masuk ke kabinet Indonesia Maju. Pramono menekankan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan penuh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya presiden, maunya kapan, orangnya ada dimana, partainya apa, kebutuhannya apa," jelas Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Menurut dia, Presiden Jokowi memahami betul kebutuhan di kabinetnya. Termasuk, soal waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle kabinet.

"Presiden yang tau karena pemerintahan ini kan masih 2 tahun lagi sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu, presiden yang memutuskan," ujarnya.

Terkait nama petinggi PAN yang masuk ke kabinet, Pramono belum bisa memastikan. Pasalnya, sosok yang mengisi posisi menteri akan diputuskan langsung oleh Jokowi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto