Sukses

Hadi Tjahjanto Dipanggil Jokowi Saat Ada Isu Reshuffle Kabinet, Jadi Menteri?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Adapun dia mengatakan, sedang berolahraga lalu dipanggil mendadak oleh Jokowi. Diketahui, saat ini semakin merebak wacana reshuffle kabinet.

"Baru saja makanya saya ngebut," kata Hadi sebelum bertemu Jokowi di Istana.

"Enggak ada ini baru olahraga langsung lari saya," sambungnya.

Meski demikian, yang bersangkutan belum memikirkan soal dirinya masuk ke kabinet Jokowi.

"Wah belum mikir ke sanalah ya," ujar Hadi.

Selain Hadi, Jokowi juga memanggil Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan M Luthfi, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

 

2 dari 3 halaman

Kewenangan Presiden

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjawab soal kabar reshuffle kabinet dan isu Partai Amanat Nasional (PAN) akan masuk ke kabinet Indonesia Maju. Pramono menekankan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan penuh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya presiden, maunya kapan, orangnya ada dimana, partainya apa, kebutuhannya apa," jelas Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Menurut dia, Presiden Jokowi memahami betul kebutuhan di kabinetnya. Termasuk, soal waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle kabinet.

"Presiden yang tau karena pemerintahan ini kan masih 2 tahun lagi sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu, presiden yang memutuskan," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Rabu Pon?

Kendati begitu, dia tak menjawab saat ditanya apakah akan ada reshuffle kabinet pada Rabu besok.

Pramono Anung menjelaskan bahwa Jokowi sangat mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan perombakan kabinet.

"Ya, yang jelas presiden kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga, beliau sangat tahu lah," jelasnya.

  • Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi calon tunggal yang diajukan sebagai pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.

    Hadi Tjahjanto

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet