Sukses

Jokowi Segera Bangun Rusun untuk Buruh

Jokowi akan membangun lagi rusun di Cilincing dan Daan Mogot untuk menampung warga yang masih menghuni pemukiman liar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo gemas ingin segera menata Ibukota yang mulai sumpek ini. Tak cukup dengan rumah susun (rusun) di Marunda, Pulo Gebang, dan Pegadungan, lelaki yang akrab disapa Jokowi ini akan membangun lagi rusun di Cilincing dan Daan Mogot untuk menampung warga yang masih menghuni pemukiman liar.

Bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Pemrov DKI bertanggung jawab dalam hal penyediaan lahan dan perizinan. Nantinya, rusun-rusun baru itu akan diperuntukkan bagi para buruh dan warga di kawasan kumuh.

"Pokoknya kami akan siapin lahannya, tanahnya. Di Daan Mogot sama Cilincing. Yang bangun dari Kementrian Perumahan Rakyat. Biar cepat. Kemudian dari Kementerian Pekerjaan Umum juga ada. Pokoknya tempat yang kumuh-kumuh langsung bisa semuanya ditarik ke rusun," kata Jokowi di Balaikota, Rabu (30/1/2013).

Jokowi menuturkan, pembangunan rusun bagi buruh dan warga kawasan kumuh berjumlah 12 blok. Namun, dia tetap meminta tambahan rusun sebanyak-banyaknya untuk menampung lonjakan warga yang mendaftar.

"Saya kira tahun ini banyaklah yang mau kami masukkan. Tapi belum dihitung (anggaran)," ucap Jokowi.(Ndy)