Sukses

Infografis Eks PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak

Mantan PM Shinzo Abe ditembak di dada kiri dan leher oleh seseorang di Kota Nara, Prefektur Nara, Jepang. Tim dokter berjuang selama sekitar 4,5 jam, namun nyawa eks PM Jepang berusia 67 tahun itu tak tertolong.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar dukacita datang dari Jepang. Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di dada kiri dan leher oleh seseorang di Kota Nara, Prefektur Nara, Jepang, Jumat 8 Juli 2022 pukul 11.30 waktu setempat.

Penembakan terjadi saat Shinzo Abe sedang berkampanye untuk salah satu kandidat Partai Demokrat Liberal atau LDP. Tempat kejadian perkara atau TKP berada di pinggir jalan dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara.

Menurut sejumlah saksi mata, saat itu terdengar dua suara tembakan. Mantan PM Jepang berusia 67 tahun itu tampak mengalami pendarahan dan langsung pingsan.

Berdasarkan rekaman video NHK World, eks PM Jepang itu ditembak dari arah belakang. Abe langsung kolaps, lalu segera dibawa ke rumah sakit.

Tim medis dan penolong yang membawa mantan PM Shinzo Abe tiba di rumah sakit sekitar pukul 12.20 waktu setempat. Kondisi Abe kritis, bahkan mengalami henti jantung usai ditembak.

Tim dokter yang merawat Shinzo Abe mengaku telah menghabiskan 4,5 jam untuk menyelamatkan nyawanya. Namun, mantan PM Shinzo Abe tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 17.03 waktu setempat.

Adapun polisi menangkap terduga penembak Abe di lokasi penembakan, yakni Tetsuya Yamagami. Pria usia 41 tahun itu dikabarkan eks personel Angkatan Laut Bela Diri Jepang.

Bagaimana kronologi penembakan terhadap Shinzo Abe? Bagaimana karier politik dan riwayat kesehatan Abe sebelum penembakan? Apa saja komentar sejumlah pemimpin dunia atas penembakan Abe? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak

3 dari 4 halaman

Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Komentar Sejumlah Pemimpin Dunia atas Penembakan Shinzo Abe

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.