Sukses

Menag Yaqut Sapa Jemaah di Arafah, Minta Jaga Kesehatan

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, menyapa jemaah yang tengah berada di Arafah, Jumat (8/7/2022). Dia berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan karena masih dalam rangkaian puncak ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, menyapa jemaah yang tengah berada di Arafah, Jumat (8/7/2022). Dia berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan karena masih dalam rangkaian puncak ibadah haji.

"Sehat sehat ya bapak, ibu," kata Yaqut menyapa.

Sejumlah jemaah pun meminta salaman dan foto bersama.

Dia juga meminta jemaah tetap menjaga fisik dengan baik. Apalagi jemaah akan bergeser ke Muzdalifah dan Mina. Apalagi medan di Muzdalifah padang pasir yang anginnya banyak.

"Jaga fisik dengan baik, sehat sehat pak," kata pria yang kerap disapa Gus Men ini.

Dia meminta jemaah maklum bila ada kekurangan. Sebab, persiapan pemerintah dalam melayani jemaah berhaji hanya dua bulan.

"Makannya gimana? Kalau ada petugas nakal laporkan ke saya. Haji akbar jemaah yang penting sehat sehat," ucap Menag.

Jemaah yang didatangi pun merasa gembira. Jakarta Utara kloter 10. Di antaranya adalah Eliza dari Embarkasi Pondok Gede. Dia mengatakan, makanan dan pelayanan jemaah sudah baik.

Dia mengaku membawa persiapan untuk ke Muzdalifah dan Mina seperti obat dan makanan ringan.

"Dari Kesehatan dikasih masker dan oralit," kata Eliza.

Demikian pula dengan Fadli, jemaah asal Tangerang Selatan yang ditemui Menag. Dia mengaku puas dengan pelayanan untuk jemaah haji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Kesehatan

Menag juga menyambangi posko kesehatan di Arafah. Dia mendatangi jemaah yang terbaring dan mendoakan lekas pulih.

Sang pasien mengaku sempat merasa sesak napas dan kini membaik.

Sementara itu, Kepala Posko Kesehatan Arafah Agus Sultoni mengatakan, ada 80 jemaah yang sempat menjalani perawatan di posko kesehatan sejak 7 Juli 2022. Dan, kini ada 7 jemaah yang masih dirawat.

Dia mengatakan, 1 pasien dirujuk ke Rumah Sakit di Arafah dan 6 lainnya bila kondisinya memburuk akan dibawa ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.