Sukses

Top 3 News: Upaya Pemprov DKI Jakarta Cari Lokasi Pengganti Citayam Fashion Week

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI berencana mencari ruang publik lain sebagai alternatif untuk Citayam Fashion Week.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait fenomena Citayam Fashion Week di kawasan di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Namun, catwalk di zebra cross Dukuh Atas tersebut dianggap sejumlah pihak telah melanggar Undang-Undang Lalu Lintas.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara. Menurut Riza, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mencari alternatif ruang publik lain untuk Citayam Fashion Week.

Riza menjabarkan, lokasi lain semisal Plaza Selatan, Monumen Nasional (Monas), juga bisa dijadikan pilihan. Mengingat Plaza Selatan memiliki ruang terbuka yang lebih besar dan jauh dari keramaian lalu lintas.

Kemudian, pada Minggu 24 Juli 2022, acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) digelar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengatakan mengundang semua pihak.

Namun, Anies enggan menjawab saat ditanyai apakah pihaknya juga turut mengundang Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dia memilih menjawab secara normatif mengundang semua pihak dipeluncuran JIS tersebut.

Anies menjelaskan juga mengundang kepala daerah di wilayah penyangga yang menjadi tetangga DKI Jakarta. Dia berharap pihak-pihak yang telah diundang dapat hadir di grand launching JIS.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah pengakuan kuasa hukum Brigadir J Kamaruddin yang menyebut, sebelum kliennya tewas pada 8 Jui 2022 lalu di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J sempat mendapatkan beberapa kali ancaman pembunuhan.

Kamaruddin menjelaskan, sejak Juni sampai Juli, ancaman itu berlanjut. Hingga terakhir di tanggal 7 Juli 2022 Brigadir J kembali mendapatkan ancaman saat berdinas di Magelang ketika mengawal Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 24 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. DKI Jakarta Cari Lokasi Pengganti Citayam Fashion Week, Plaza Selatan hingga Sarinah Jadi Pilihan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi soal catwalk di Dukuh Atas yang dianggap sejumlah pihak telah melanggar Undang-Undang Lalu Lintas. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Riza, berencana mencari alternatif ruang publik lain untuk Citayam Fashion Week.

"Seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Kapolsek, Pak Kapolres, teman-teman dari kepolisian bahwa zebra cross itu digunakan untuk menyebrang. Tidak boleh untuk kegiatan lain termasuk fashion show," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu malam 23 Juli 2022.

"Hal ini tentu kita akan coba mencarikan tempat yang terbaik bagi anak-anak kita kalau ingin terus melaksanakan fashion week tersebut," lanjut Riza.

Menurut dia, lokasi lain semisal Plaza Selatan, Monumen Nasional (Monas), juga bisa dijadikan pilihan. Mengingat Plaza Selatan memiliki ruang terbuka yang lebih besar dan jauh dari keramaian.

"Umpamanya bisa saja di Plaza Selatan depan sini. Di situ kan enak tempatnya lebar ya kan. Ada tribunnya kan, bisa duduk di situ. Tidak menggangu ketertiban umum, tidak menggangu yang jalan, yang nyebrang, mobil juga tidak terganggu, mudah-mudahan," jelas Riza.

 

Selengkapnya...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. Anies Undang Kepala Daerah Hingga Presiden Jokowi ke Grand Launching JIS

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mengundang semua pihak, untuk hadir pada acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu 24 Juli 2022.

Namun, Anies enggan menjawab saat ditanyai apakah pihaknya juga turut mengundang Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dia memilih menjawab secara normatif mengundang semua pihak dipeluncuran JIS tersebut.

"Kita undang semuanya dan ini sifatnya bukan peresmian tapi peluncuran. Karena kita besok itu lebih merupakan selebrasi jadi semua pihak diundang," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu 23 Juli 2022.

Anies menjelaskan juga mengundang kepala daerah di wilayah penyangga yang menjadi tetangga DKI Jakarta. Dia berharap pihak-pihak yang telah diundang dapat hadir di grand launching JIS.

"Dan kita menunggu nanti harapannya pihak-pihak yang diundang bisa hadir, semua tetangga kita dan lain-lain semuanya kita undang," ujar dia.

Anies menjelaskan digelarnya laga persahabatan antara Persija Jakarta vs Chonburi FC, menjadi penanda digunakan JIS pertama kali untuk kegiatan olahraga khususnya pertandingan sepak bola.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Kuasa Hukum Sebut Brigadir J Sempat Dapat Ancaman Pembunuhan Dari Sesama Anggota Polisi

Kuasa Hukum Brigadir J, Kamaruddin mengatakan sebelum tewas pada 8 Jui 2022 lalu ketika baku tembak di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J sempat mendapatkan beberapa kali ancaman pembunuhan.

"Bulan Juni 2022, dia curhat kepada orang yang dia percaya dia menangis sedih sekali, bahwa dia akan menghadapi kematian akibat diancam dan akan dibunuh," ujar Kamaruddin, Minggu 24 Juli 2022.

Sejak Juni sampai Juli, kata Kamaruddin, ancaman itu berlanjut hingga terakhir di tanggal 7 Juli 2022 Brigadir J kembali mendapatkan ancaman saat berdinas di Magelang ketika mengawal Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Masih diancam lagi pada momen berikutnya dan terakhir ancaman serius itu pada tanggal 7 juli 2022. ketika mereka di Magelang, diancam akan dihabisi apabila dia (Brigadir J) naik ke atas," kata Kamarudin.

Meski tidak memahami arti kalimat ancaman naik ke atas, namun Kamarudin memastikan jika kalimat yang terekam dalam dokumen elektronik itu telah diserahkan sebagai barang bukti kepada penyidik.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.