Sukses

Sambangi Pesantren di Banyumas, Ganjar Kagumi Program Enterpreneur Santri

Ganjar mengaky kagum dengan semangat para santri yang berikhtiar untuk mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda di di Langgongsari, Cilongok, Banyumas, Jateng.

Dalam lawatannya, Ganjar mendukung program enterpreneur yang dijalani para santri di sana. 

Ganjar menjelaskan, para santri Ponpes Nurul Huda berupaya melakukan kemandirian ekonomi lewat program itu. Seperti membuat warung makan, tempat cukur rambut, hingga memproduksi komoditas olahan.

"Di pondok ini tidak hanya diajarkan ngaji, tapi juga diajari enterpreneur. Dan enterpreneur-nya juga macem-macem, ada resto, barbershop, kemudian warung, mereka memproduksi kopi, madu, luar biasalah," kata Ganjar di lokasi, Senin (22/8/2022). 

Ganjar pun mengagumi semangat para santri yang berikhtiar untuk mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi. Ganjar menyebut santri di Ponpes Nurul Huda hebat dari segi ilmu dan keterampilan.  

"Saya lihat semangat anak-anaknya hebat dan mereka punya teaching industri yang bagus sebenarnya. Pondoknya di sini, ngajinya di sini, tapi belajar enterpreneurnya sudah punya sendiri semuanya. Hebat itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut program enterpreneur merupakan cara membangun semangat santri sebagai anak bangsa. Ganjar berharap, kelak para santri memiliki kemandirian dan punya masa depan gemilang.

"Pokoknya ini bagian dari cara membangun spirit bersama anak bangsa agar mereka kelak kemudian hari menjadi mandiri dan punya masa depan," imbuhnya. 

 

2 dari 2 halaman

Kemauan Bersama

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Nurul Huda, Ajir Ubaidillah mengatakan, program enterpreneur dijalankan dengan kemauan dan ikhtiar bersama.

KH Ajir berharap, Ponpes Nurul Huda semakin berkembang.  

"Inilah kemudian fungsi dari kemandirian ini kami punya unit usaha dan sebagainya. Selebihnya alhamdulillah ada yang support dari luar. Mohon doanya selalu, kami masih banyak PR," tuturnya. 

Sebagai informasi, program enterprenuer Ponpes Nurul Huda Cilongok merupakan hasil kerja kolaborasi dengan jurnalis dan presenter kondang, Andy Flores Noya.

Selain enerpreneur, Andy juga berperan dalam dakwah virtual pesantren.