Sukses

Disdukcapil DKI Jemput Bola Pengurusan Dokumen Warga Korban Kebakaran Simprug

Bagi warga terdampak kebakaranSimprug, hanya perlu datang melapor ke loket layanan. Nantinya, laporan akan didata dan dokumen baru dapat langsung dicetak.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka loket layanan bagi warga korban kebakaran di Simprug Golf, Grogol Selatan, Kebayoran Lama hingga Rabu (24/8) besok. Loket tersebut berada di dalam Simprug Golf, lokasi kebakaran terjadi.

“Kami melakukan pelayanan jemput bola ke lokasi tersebut. Lokasinya di sekitar situ, di dalam, di lokasi kebakaran. Kami koordinasi dengan RT di sana,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin ketika dihubungi oleh Merdeka.com, Selasa (23/8).

Bagi warga terdampak kebakaran, hanya perlu datang melapor ke loket layanan. Nantinya, laporan akan didata dan dokumen baru dapat langsung dicetak.

“Masyarakat hanya cukup datang ke loket pelayanan kami dan itu langsung dilayani. Hari itu juga langsung jadi. Langsung aja datang. Nanti kita cek namanya kan kita punya datanya,” kata Budi.

Hingga Senin (22/8) kemarin, Disdukcapil Jakarta telah melakukan 80 pelayanan pencetakan dokumen kependudukan, yang terdiri dari 61 Kartu Tanda Penduduk (KTP), 14 Kartu Keluarga (KK), 5 Kartu Identitas Anak (KIA).

Kebakaran di Simprug terjadi pada Minggu (21/8) kemarin. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik dan aebanyak 100 rumah warga terbakar.

Sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) dilaporkan terdampak insiden kebakaran yang melanda sebuah rumah di Jalan Simprug Golf 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022) siang. Akibat insiden ini, 13 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah.

“Data terdampak, ini masih sementara ada 120 KK ini masih sementara karena kita masih periksa detail lagi,” kata Andi, Lurah Grogol Selatan, Kebayoran lama di lokasi saat diwawancara, Minggu (21/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Soal Korban Meninggal

Soal korban jiwa dan luka, Andi mengaku masih mencari konfirmasi perihal tersebut. Namun sementara ini, dia mendapat kabar jika satu orang dikatakan meninggal dunia akibat serangan jantung karena mendengar kabar ada kebakaran yang tidak jauh dari rumahnya.

“Ya nanti kita kroscek lagi ya,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran dikabarkan meninggal dunia. Warga tersebut diketahui bernama Nanang yang tinggal di RT 09.

“Pak Nanang meninggal, dari RT 09. Kaget denger kebakaran, kena jantungnya,” kata Wasma, tetangga dari Almarhum Nanang yang diwawancarai di lokasi sekitar tempat kebakaran, Minggu (21/8/2022).

Wasma mengatakan, Nanang yang kaget mendengar kebakaran terjadi dekat rumahnya langsung lemas dan pingsan. Warga pun langsung mengevakuasinya ke Rumah Sakit Minto Harjo.

“Dibawa ke Rumah Sakit Minto Harjo tapi meninggal,” jelas dia.

Diketahui, info tentang kebakaran itu disampaikan oleh akun resmi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta @humasjakfire.Video yang diunggah tampak menunjukkan api berkobar cukup besar dan asap hitam pekat mengepul ke udara di dekat bangunan-bangunan semi permanen.

"Terjadi kebakaran pada rumah tinggal pukul 10.48 di Jl. Simprug Golf II RT 4/8 Kel. Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Pengerahan saat ini 13 unit di TKP. Dalam penanganan petugas (21/8/2022)," tulis @humasjakfire.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS