Sukses

Bertemu Presiden Marcos Jr, Jokowi Yakin Hubungan Indonesia-Filipina Semakin Erat

Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih Ferdinand Marcos Jr dalam rangkaian kunjungan kenegaraan pertamanya sebagai Presiden Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (5/9/2022).

Jokowi mengatakan, kunjungan Presiden Marcos Jr merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang pertama kali dikunjungi Ferdinand Marcos Jr pascadilantik menjadi Presiden Filipina. Jokowi pun meyakini hubungan Indonesia-Filipina akan semakin erat.

"Sekali lagi selamat datang di Indonesia. Suatu kehormatan menerima kunjungan luar negeri yang pertama Yang Mulia. Ini menegaskan hubungan bilateral kedua negara di bawah kepemimpinan Yang Mulia," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin.

"Saya percaya hubungan kedua negara, Indonesia dan Filipina akan semakin erat," sambungnya.

Jokowi juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-12 Filipina Fidel Ramos pada Juli 2022 lalu. Ia wafat di usia ke-94 tahun.

"Saya ingin menyampaikan juga duka cita atas wafatnya mantan Presiden Filipina ke-12 Yang Mulia Bapak Fidel Ramos bulan Juli lalu," kata Jokowi.

Saat ini, Jokowi dan Presiden Filipina sedang melakukan pertemuan untuk membahas kerja sama bilateral dan kawasan. Pertemuan ini juga dihadiri oleh masing-masing delegasi kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

 

2 dari 2 halaman

Kunjungan Pertama Bongbong sebagai Presiden

Sebagai informasi, Presiden Ferdinand Marcos Jr dan rombongan telah tiba di Indonesia sejak Minggu, 4 Agustus 2022. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih Ferdinand Marcos Jr dalam rangkaian kunjungan kenegaraan pertamanya menjadi presiden.

Ferdinand Marcos Jr atau yang akrab dipanggil Bongbong berhasil unggul dalam Pemilu Presiden (Pilpres) Filipina. Dia resmi menjabat sebagai Presiden Filipina sejak 30 Juni 2022.

Ferdinand Marcos Jr adalah putra dari mantan diktator-koruptor Ferdinand Marcos. Kemenangan Marcos Jr disebut tak lepas dari TikTok dan generasi muda yang tidak tahu pemerintahan diktator Marcos.