Sukses

Ketua DPRD Tiba di Kemendagri, Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Jakarta

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menyerahkan tiga nama usulan calon Pj Gubernur DKI Jakarta ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menyerahkan tiga nama usulan calon Pj Gubernur DKI Jakarta ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Adapun ketiga nama Pj Gubernur Jakarta yang terpilih dari usulan sembilan Fraksi DPRD DKI Jakarta ialah Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Pantauan Liputan6.com, Prasetio berangkat dari Balai Kota DKI Jakarta pada pukul 11.25 WIB. Prasetio tiba di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada pukul 11.38 WIB.

Prasetio didampingi Sekretaris Dewan, Firmansyah. Dia langsung memasuki Gedung Kemendagri menemui Tito Karnavian.

Ketiga nama usulan Pj Gubernur DKI Jakarta ini diputuskan usai Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) membahas usulan nama Pj Gubernur DKI Jakarta bersama sembilan Fraksi DPRD DKI Jakarta pada Selasa 13 September 2022.

"Tadi sudah saya tandatangani semua ke para pimpinan. Besok akan dikirikman ke Kemendagri bahwa yang terjaring ada tiga nama yaitu Pak Heru, Pak Marullah dan Pak Bahtiar. Angkanya 9-9-6, dan yang keempat Pak Juri. Tapi tiga terbesar ya itu tadi," kata Prasetio.

 

2 dari 4 halaman

Penuhi Kriteria

Menurut Prasetio, ketiga nama itu telah memenuhi kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta. Terlebih, kata Prasetio tiga nama itu mumpuni di bidang pemerintahan sesuai jabatan yang diemban masing-masing.

"Saya rasa mereka menguasai. Dari satu sisi Pak Bahtiar dari kementerian, pernah jabat Plt Gub, Marullah sebagai Sekda pernah jadi Walkot Jaksel, Pak Heru juga pernah jadi Walkot Jakarta Utara dan KDH dan KLN zaman Jokowi. Saya rasa mumpuni," jelas dia.

Kendati ketiga calon Pj Gubernur usulan DPRD DKI dianggap mumpuni, Prasetio mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan akhir kepada Presiden Joko Widodo. Selain itu, diketahui Kemendagri juga bakal menyerahkan tiga usulan nama Pj Gubernur DKI kepada Jokowi.

3 dari 4 halaman

Diusulkan 9 Fraksi

Fraksi-fraksi DPRD DKI Jakarta bakal setor nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) yang digelar siang ini, Selasa (13/9/2022).

Total ada sembilan fraksi yang masing-masing akan memberikan usulan tiga nama calon Pj Gubernur Jakarta dalam Rapimgab tersebut.

Diketahui Rapimgab membahas usulan calon Pj Gubernur dari masing-masing Fraksi dijadwalkan pada pukul 13.00 WIB usai rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur DKI dan Wakil Gubernur DKI yang berlangsung sejak jam 10.00 WIB pagi ini.

Beredar dokumen yang memperlihatkan calon nama Pj Gubernur DKI Jakarta dari Fraksi PAN yang ditandatangani oleh Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Bambang Kusumanto dan Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman R Rakinda.

Berdasarkan dokumen yang diterima Liputan6.com, bernomor 037/12.09/F.PAN/IX/2022, tercantum Fraksi PAN telah menyiapkan tiga nama pegawai negeri sipil (PNS) eselon satu atau pegawai yang memiliki jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya untuk diusulkan menjadi Pj Gubernur Jakarta.

Dokumen tertanggal 12 September 2022 tersebut ditujukan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Dalam dokumen tersebut, dijelaskan bahwa surat yang ditujukan kepada Ketua DPRD DKI itu ialah tiindak lanjut dari Surat Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta Nomor 949/KG.03.06, tanggal 12 September 2022, perihal Penunjukan Nama Pejabat Gubernur.

"Sehubungan hal tersebut di atas Fraksi PAN DPRD Provinsi DKI Jakarta mengusulkan nama-nama Calon Pejabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta sebagai berikut," demikian bunyi keterangan dokumen tersebut dikutip Liputan6.com, Selasa (13/9/2022).

Adapun tiga nama calon Pj Gubernur usulan Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta ialah Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bachtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

4 dari 4 halaman

Pekerjaan Rumah yang Tertinggal

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan sejumlah kriteria Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Menurut dia, Pj Gubernur harus mengerti masalah Jakarta seperti macet dan banjir.

"Setiap Gubernur itu kalau di Pilkada, janjinya hulu hilir dibereskan. Nah, itu konsentrasi kita. Jadi siapapun pejabatnya, kita harus tekan di masalah banjir dan macet itu," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (12/9/2022).

Politikus PDIP ingin Pj Gubernur berikutnya tetap memikirkan solusi untuk mengatasi masalah macet dan banjir di Jakarta.

Selain itu, menurut Prasetio Pj Gubernur harus dapat berkomunikasi dengan baik.

"Nah ini juga harus dipikirkan bagaimana solusinya," kata dia.