Sukses

Gerak Cepat Ganjar Pranowo Atasi Kelangkaan Solar di Kampung Nelayan

Ganjar meminta tambahan alokasi solar ke Jawa Tengah untuk memastikan para nelayan tetap bisa melaut ditengah keterlambatan pengiriman solar.

Liputan6.com, Jakarta - Keterlambatan pengiriman bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke SPBN Pertamina di Kampung Nelayan Bandengan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal membuat para nelayan tidak bisa melaut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan akan memperbaiki sistem pendataan surat rekomendasi nelayan. Hal ini agar data kebutuhan solar nelayan bisa terhitung dengan baik, sehingga distribusinya lancar.

Ganjar juga menyebutkan akan melakukan komunikasi dengan Pertamina dan BPH Migas.

Ganjar juga meminta tambahan alokasi solar ke Jawa Tengah untuk memastikan para nelayan tetap bisa melaut ditengah keterlambatan pengiriman solar.

"SPBN-nya ternyata jalan dan sampai hari ini dari kuota yang dibutuhkann, ternyata masih kurang secara keseluruhan 60 ribu kiloliter. Jadi kita akan bicara lagi dengan BPH Migas, Pertamina, agar alokasinya bisa ditambah karena rakyat kecil hari ini memang butuh itu," kata Ganjar di Kampung Nelayan Bandengan, Kamis (15/9/2022).

Selain berkomunikasi dengan pusat, Ganjar juga mendorong jajarannya untuk melakukan pendataan ulang terkait kebutuhan para nelayan, khususnya jumlah kebutuhan solar di setiap daerah.

Program Kartu Nelayan dan asuransi nelayan juga terus dioptimalkan Ganjar agar para nelayan yang saat ini terdampak penyesuaian BBM bisa lebih terjamin kesejahteraannya.

"Mesti dibangun sistem yang lebih gampang sehingga rekomendasinya bisa secara elektronik, kartu nelayannya kalo bisa digunakan per individu, di sana ada kuotanya, otomatis kita tinggal ngatur saja," jelas Ganjar.

Lebih lanjut, seorang nelayan bernama Yanti menjelaskan, ia dan nelayan Kampung Bandengan lainnya selalu mengantre untuk mendapatkan solar. Ia pun mengharapkan agar pasokannya lebih banyak lagi agar nelayan bisa melaut dengan lancar.

"Harapan kami moga-moga pasokannya semakin lancar biar nelayan tidak sulit mencari BBM. Kalo solar susah kami ngga melaut sampai libur. Kasihan karena di sini mayoritasnya kerjanya nelayan," ucap Yanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Kartu Nelayan

Pada kunjungannya ke desa nelayan itu, Ganjar juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk mengendalikan inflasi di Jawa Tengah. Bantuan yang diberikan senilai Rp4.743.750.000 untuk 14.375 nelayan se-Jawa Tengah.

Untuk Kabupaten Kendal, Ganjar memberikan Kartu Nelayan penerima BBM bersubsidi kepada 1.019 nelayan. Di Kampung Nelayan Bandengan, Ganjar memberi Kartu Nelayan sebanyak 413 nelayan. Ganjar juga memberikan bantuan solar sebanyak 20 liter per nelayan yang diberikan selama 10 hari dengan total 200 liter.

Adapun untuk bantuan asuransi nelayan, Ganjar menyerahkan bantuan kepada 500 nelayan yang masing-masing mendapatkan biaya Rp100.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.