Sukses

KPU Mulai Verifikasi Faktual, Yusril Harap PBB Bisa Ikut Pemilu 2024

Yusril berharap, verifikasi faktual ini dapat berjalan sukses, lancar dan dinyatakan lengkap oleh KPU. Dengan begitu, PBB bisa mengikuti Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, partainya menjalani verifikasi faktual peserta Pemilu 2024 di Markas DPP PBB Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2022).

Verifikasi faktual ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), setelah proses verifikasi administrasi PBB dinyatakan memenuhi syarat.

Yusril berharap, verifikasi faktual ini dapat berjalan sukses, lancar dan dinyatakan lengkap oleh KPU. Dengan begitu, PBB bisa mengikuti Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan proses verifikasi faktual DPP PBB berjalan lancar. Sebab, ini sangat penting, jika DPP PBB dinyatakan memenuhi syarat, maka DPW, DPC di kota atau kabupaten bisa lancar," kata Yusril saat hadir di verifikasi faktual di DPP PBB, dikutip dari siaran pers, Sabtu (15/10/2022).

Dia menyampaikan, pengurus DPP, DPW, DPC, hingga PAC bekerja keras untuk memperbaiki internal infrastruktur partai selama kurang lebih lima tahun. Yusril pun bersyukur kerja keras ini membuahkan hasil, dengan PBB lolos verifikasi administrasi peserta Pemilu 2024.

"Alhamdulillah hasil kerja keras ini semoga membuahkan hasil dan verifikasi faktual PBB memenuhi syarat sehingga PBB bisa lolos dan jadi peserta Pemilu 2024," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Verifikasi faktual

Komisioner KPU Mochammad Afifuddin mengungkapkan, verifikasi faktual tersebut antara lain, jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan kelengkapan administrasi lainnya.

"Mengenai alamat kantor PBB sudah kami lakukan verifikasi dan sesuai penggunaan kantor tetap, kelengkapan kantor memenuhi syarat, alat komputasi maupun alat kelengkapan administrasi ada," jelas Afifuddin di kantor DPP PBB.

Dia mengatakan, hasil verifikasi keterwakilan perempuan PBB 32,5 persen. Hal ini sudah memenuhi syarat undang-undang pemilu pasal 173 ayat 2. Selain itu, PBB juga sudah memenuhi syarat kepengurusan.

"Verifikasi faktual kepengurusan yang memenuhi syarat terdiri atas 3 orang laki-laki di dalamnya ada ketua umum, sekretaris, dan bendahara (KSB) serta 5 perempuan. Di PBB keterwakilan perempuan ada 32,5 persen dan KSB lengkap" tutur dia.

Sementara itu, Sekjen PBB Afriansyah Noor bersyukur karena bisa mengantarkan PBB untuk dilakukan verifikasi faktual oleh KPU. Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini berharap prosesnya berjalan lancar dan dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual.

"Alhamdulillah hari ini (Sabtu) PBB sudah dilakukan verifikasi faktual, saya optimistis PBB memenuhi syarat dan lolos sebagai peserta Pemilu 2024," ujar Afriansyah.

3 dari 4 halaman

KPU Umumkan 18 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi, Berikut Daftarnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan partai politik yang memenuhi syarat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR dan DPRD 2024.

Dalam laman resmi KPU terlihat 18 partai yang sudah memenuhi syarat Pemilu 2024.

Enam+02:13VIDEO: Jokowi Peringatkan Kapolda dan Kapolres: Banyak Laporan Gaya Hidup Mewah Anggota Polri Komisioner KPU Idham Cholik membenarkan hal tersebut. "Iya benar," ujar dia, Jumat (14/10/2022). 

Adapun 18 partai politik yang lolos yakni: 

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

2. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

3. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

4. Partai NasDem

5. Partai Bulan Bintang (PBB)

6. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

7. Partai Garda Perubahan Indonesia

8. Partai Demokrat

9. Partai Gelombang Rakyat Indonesia

10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

11. Partai Gerindra

12. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

13. Partai Solidaritas Indonesia

14. Parati Amanat Nasional

15. Partai Golkar

16. Partai Persatuan Pembangunan

17. Partai Buruh

18. Partai Ummat

 

4 dari 4 halaman

KPU Verifikasi Faktual, Hanura Yakin Lolos ke Senayan

Dewan Pimpinan Pusat Partai Hati Nurani Rakyat (DPP Hanura) bergerak cepat, menindaklanjuti giat verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Kantor DPP Partai Hanura, Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Diketahui, selain KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI juga hadir di markas DPP Partai Hanura, yang berada di kawasan MH Thamrin, Jakarta untuk memantau jalannya verifikasi.

Anggota Polri KPU RI diwakili langsung oleh Ketua KPU, Hasyim Asyari dan anggota KPU RI Mochammad Afifudin. Sedang dari pihak Bawaslu RI, dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB itu, turut dihadiro oleh ratusan kader Partai Hanura mulai dari pusat hingga daerah, dan telah melakukan verifikasi faktual peserta Pemilu 2024 di kantor pusat.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, persiapan partainya menyambut Pemilu 2024 sudah canggih. Hal itu guna, mengimbangi KPU RI dan Bawaslu RI yang diisi oleh jajaran yang memiliki kredibilitas tinggi.

"Persiapan lebih canggih dari yang dulu, KPU-Bawaslu semuanya diisi oleh orang baru. Mereka sudah melihat dulu dan sekarang, kantor (DPP) Partai Hanura tak berubah. Orang-orang semua hadir dan KPU menyatakan, bahwa partai ini masih berada di tempat yang sama dan sah," kata OSO kepada wartawan di Kantor DPP Hanura, Sabtu (15/10/2022).

Oso menambahkan, keterwakilan perempuan Partai Hanura di Pemilu 2024 melebihi 30 persen. Menurut dia, wanita zaman sekarang adalah penentu dari kemenangan.

"Karena wanita itu adalah ibu kita," yakin Oso.

Oleh sebab itu, OSO percaya diri partai yang dipimpinnya akan mampu duduk kembali di DPR RI.

"Target menang, enggak usah pakai persentase-persentaselah. Kalau persentase tapi enggak menang ngapain? Jadi, target kita menang dan masuk parlemen (DPR RI)," tegas OSO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.