Sukses

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cawapres Paling Tinggi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas paling tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas paling tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal ini berdasarkan Hasil Survei Nasional yang dilakukan Litbang Kompas pada periode Oktober 2022.

"Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berada di posisi paling atas dengan mengantongi elektabilitas untuk menjadi cawapres sebesar 11,5 persen," demikian dikutip Liputan6.com dari Kompas.id, Rabu (26/10/2022).

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 10,6 persen. Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta dengan elektabilitas sebesar 9,3 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 7,3 persen.

Adapun nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk ke jajaran lima besar elektabilitas untuk menjadi cawapres. Elektabilitas putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, sebesar 6,6 persen.

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga masuk dalam bursa cawapres dengan elektabilitas 4,4 persen. Sejumlah sosok lain yang masuk ke bursa cawapres yakni, Menteri Sosial Tri Rismaharini (2,5 persen) dan Menteri BUMN Erick Thohir (2,4 persen).

Di luar itu, ada nama-nama lain yang masuk bursa kandidat cawapres dengan elektabilitas kurang dari 2 persen. Mereka antara lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,7 persen), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (1,4 persen), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1 persen), dan Menko Polhukam Mahfud Md (0,8 persen).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Ridwan Kamil Naik 2 Kali Lipat

Survei Litbang Kompas mencatat bahwa elektabilitas Ridwan Kamil naik dua kali lipat hingga 11,5 persen. Pasalnya, capaian elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres hanya stagnan di angka 5 persen.

"Peningkatan signifikan pada keterpilihan Ridwan Kamil dua kali lipat elektabilitas sebelumya hingga menyentuh 11,5 persen, tentu semakin meneguhkan posisinya sebagai sosok cawapres potensial," dikutip dari Kompas.id.

Sebagai informasi, survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 24 September sampai 7 Oktober 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kemudian, margin of error penelitian kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.