Sukses

Infografis Tragedi Mematikan Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan Renggut Banyak Jiwa Remaja

Pesta Halloween berubah jadi petaka. Kegembiraan berubah jadi kerusuhan. Tragedi mematikan pun terjadi di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Merenggut banyak jiwa remaja.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta Halloween berubah jadi petaka. Kegembiraan berubah jadi kerusuhan. Tragedi mematikan pun terjadi di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Merenggut banyak jiwa remaja.

154 orang termasuk 26 orang asing tewas. 149 lainnya terluka. Ada 4.000 laporan orang hilang dalam Tragedi Halloween Itaewon. Mayoritas korban adalah remaja berusia 20an tahun. Sebagian besar korban tergencet hingga meninggal di gang sempit Itaewon. Mereka mengalami henti jantung.

Perayaan Halloween di Itaewon pada Sabtu 29 Oktober 2022 memang merupakan yang terbesar sejak pandemi Covid-19. Tiga tahun belakangan perayaan Halloween di Itaewon begitu sepi karena kebanyakan warga memilih di rumah.

Keramaian bahkan mencapai 10 kali lipat dari biasanya. Diperkirakan sekitar 100.000 orang hadir. Tragedi terjadi ketika ribuan orang berdesakan memadati gang sempit dalam kegelapan menjelang larut malam.

Presiden Korea Selatan Yoon Seok-yeol mengumumkan masa berkabung nasional berlangsung selama sepekan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022. Pemerintah memastikan lokasi Tragedi Itaewon menjadi daerah bencana. Pihak keluarga korban akan mendapatkan bantuan pemerintah.

Investigasi Tragedi Halloween Itaewon pun dimulai pada 31 Oktober 2022 untuk menyelidiki penyebab jatuhnya ratusan korban. Penyelidik sedang dalam proses menganalisis rekaman kamera pengintai di Itaewon dan konten media sosial terkait. Penyidik akan menentukan apa yang menyebabkan kerusuhan dan apa yang membuat orang sulit keluar.

Polisi juga akan memeriksa apakah Pemerintah Kota Seoul dan Distrik Yongsan telah memenuhi kewajiban mereka untuk mengambil tindakan pencegahan keamanan yang diperlukan, sebelum terjadi pertemuan massal orang-orang yang diharapkan untuk menghadiri perayaan Halloween.

Sedangkan penyebab utama sebagian besar kematian diduga dipicu insiden kerumunan sehingga kehabisan napas. Mereka terinjak-injak saat situasi menjadi kacau dan mengalami henti jantung.

Bagaimana kronologi tragedi mematikan pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan yang merenggut banyak jiwa remaja, bahkan salah satunya adalah aktor Korea Selatan Lee Jihan? Seperti apa duka dan belasungkawa yang disampaikan para pemimpin dunia? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Tragedi Mematikan Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan

3 dari 4 halaman

Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Infografis Duka untuk Korban Tewas Tragedi Halloween Itaewon Korea Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini