Sukses

Jokowi Gelar Pertemuan Tertutup dengan Presiden AS Joe Biden di Bali

Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di Bali. Pertemuan tertutup ini berlangsung sehari sebelum acara KTT G20 di Bali.

Liputan6.com, Bali - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Bali, Senin (14/11/2022). Pertemuan berlangsung sebelum acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dimulai pada 15 dan 16 November 2022.

"Selamat datang di Bali. Selamat datang di Indonesia. Saya sangat menghargai kehadiran Presiden Biden di KTT G20 di Bali," kata Jokowi mengawali sambutannya sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/11/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pertemuan bilateral Jokowi dan Joe Biden dimulai sekitar pukul 11.30 WIB. Jokowi dan Biden lalu saling menjabat tangan.

Jokowi mengapresiasi kehadiran Presiden Biden di KTT G20 Bali. Jokowi berharap KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global.

"Sekali lagi, saya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden Biden dan besok kita akan memulai melakukan KTT G20. Saya berharap KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama yang konkret dengan dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global," jelas Jokowi.

Pertemuan selanjutnya berlangsung secara tertutup. Tampak Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Joe Biden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Minggu, 13 November 2022, pukul 21.46 WITA. Selain Biden, sejumlah pemimpin negara G20 dan organisasi internasional mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Minggu kemarin.

 

2 dari 2 halaman

Jokowi Sebut 17 Pemimpin Negara Akan Hadiri KTT G20 di Bali

Mereka antara lain, Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Kemudian, Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Gilbert F. Houngbo dan Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser.

Selanjutnya, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola, dan Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida.

Presiden Jokowi mengonfirmasi bahwa 17 pemimpin negara G20 akan hadir pada KTT kali ini. Jokowi juga telah mendapatkan laporan bahwa KTT G20 sudah siap sepenuhnya.

"Ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini, apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir," kata Jokowi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu 13 November 2022 malam.

"Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi," sambung dia.