Sukses

Infografis Indonesia Banjir Pujian di KTT G20 dan Salam Hormat Joe Biden untuk Presidensi G20 Jokowi

Usai sudah perhelatan KTT G20 di Bali. Indonesia banjir pujian untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty ini. Juga acungan jempol untuk Presidensi G20 Indonesia 2022 Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah perhelatan KTT G20 di Bali. Indonesia banjir pujian untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty ini. Juga acungan jempol untuk Presidensi G20 Indonesia 2022 Jokowi.

Presiden RI Joko Widodo dinilai berhasil menjalankan Presidensi G20 Indonesia 2022. Ditandai dengan capaian hasil konkret untuk sejumlah proyek dan isu strategis.

"Semua delegasi KTT G20 memberi apresiasi terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah di Bali, 16 November 2022. Ini mengingat Indonesia mengemban tanggung jawab kepemimpinan yang besar kepada dunia, termasuk negara-negara berkembang.

Bahkan Presiden AS Joe Biden memberikan salam hormat kepada Jokowi dan memuji Presidensi Jokowi. Biden pun mengumumkan pihaknya bersama pihak lain berupaya dapat memobilisasi dana hingga 20 miliar dolar AS untuk membantu berbagai proyek transisi energi di Indonesia.

Jokowi resmi menutup KTT G20 pada 16 November 2022. Para pemimpin negara G20 menyepakati dan mengesahkan sebuah deklarasi, yakni G20 Bali Leaders Declaration. Ini merupakan deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022.

Menurut Jokowi, menjadi suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20 selama setahun terakhir ini. Presidensi G20 Indonesia 2022 dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi. Berbagai tantangan baru muncul. Berbagai solusi terbaik pun diupayakan hingga akhirnya menghasilkan suatu deklarasi.

Seperti apa salam hormat Joe Biden untuk Jokowi di KTT G20? Bagaimana banjir pujian buat Indonesia di KTT G20? Dari siapa saja acungan jempol untuk Presidensi G20 Jokowi? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Salam Hormat Joe Biden untuk Jokowi di KTT G20

3 dari 4 halaman

Infografis Indonesia Banjir Pujian di KTT G20

4 dari 4 halaman

Infografis Acungan Jempol untuk Presidensi G20 Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.