Sukses

Gubernur Sumut Rizal Nurdin Mencalonkan Diri Lagi

Gubernur Sumut Rizal Nurdin akan berpasangan dengan Ketua DPD PDI-P Sumut Rudolf Pardede. Sejumlah Jenderal TNI aktif maupun purnawirawan turut meramaikan bursa calon Gubernur Sumut.

Liputan6.com, Medan: Sebanyak 79 dari total 103 formulir calon Gubernur Sumatra Utara telah dikembalikan ke sekretariat pemilihan di Medan, baru-baru ini. Di antara yang mengembalikan formulir adalah Tengku Rizal Nurdin, Gubernur Sumut yang akan mengakhiri jabatannya 16 Juni mendatang. Rizal akan berpasangan dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sumut Rudolf Pardede.

Kabarnya, Rudolf telah mendapat restu dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI-P Megawati Sukarnoputri. Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Chairuman Harahap menjadi calon unggulan DPD Partai Golongan Karya Sumut. Chairuman berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD setempat dari Fraksi Partai Golkar H.N. Ginting.

Sejumlah Jenderal TNI aktif maupun purnawirawan turut meramaikan bursa pencalonan gubernur. Mereka di antaranya Letnan Jenderal TNI Amir Sembiring yang kini bertugas di Lembaga Pertahanan Nasional, Letjen TNI Arifin Tarigan, dan Letjen TNI R.K. Sembiring Meliala. Selain itu, Amrun Daulay, Direktur Jenderal di lingkungan Departemen Sosial, sejumlah politisi, pengusaha, hingga wartawan, juga ikut mencalonkan.

Dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat, dilaporkan sebanyak 96 calon sudah mengembalikan formulir pendaftaran. Ketua DPD PDI-P Jabar Rudy Harsa Tanaya juga mencalonkan diri. Dia bakal bersaing dengan Gatot Tjahyono, anggota DPRD dari F-PDIP [baca: Persaingan Kader PDI-P Dinilai Wajar].(ZAQ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini