Sukses

Jokowi Berpesan ke Anak dan Cucunya Agar Hidup Rukun

Khusus kepada putra sulung Gibran Rakabuming, Jokowi berpesan untuk bisa mengayomi dan menjadi contoh untuk adik-adiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan kepada seluruh anak dan cucunya untuk hidup rukun dalam persaudaraan.

Pesan tersebut disampaikan Presiden saat proses "ngunduh mantu" putera bungsunya Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Minggu (12/11/2022).

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana memberi pesan kepada para anak dan cucu, masing-masing Gibran Rakabuming bersama istri Selvi Ananda, Bobby Basution bersama istri Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep bersama istri Erina Gudono, serta para cucu, Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, La Lembah Manah, serta Panembahan Al Nahyan Nasution.

Ia juga berpesan kepada anak cucu untuk selalu menyembah Tuhan Yang Maha Esa agar diberkati dalam hidup berkeluarga. Demikian dilansir dari Antara.

Khusus kepada putra sulung Gibran Rakabuming, Jokowi berpesan untuk bisa mengayomi dan menjadi contoh untuk adik-adiknya. "Demikian juga, adik berbakti dan menghargai saudara yang lebih tua," katanya.

Sementara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah merawat sejak kecil hingga saat ini.

2 dari 3 halaman

Berdoa Agar Jokowi dan Iriana Berumur Panjang

Seluruh anak juga berdoa agar Presiden Joko Widodo beserta ibu selalu diberi kesehatan dan panjang umur.

Proses "ngunduh mantu" sendiri diawali dengan sungkeman pasangan pengantin Kaesang-Erina kepada orang tua, "nyebar udik-udik", tumplak punjen, serta begalan.

Proses diakhir dengan kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi tasyakuran. Sebelas kereta kencana yang masing-masing ditumpangi pasangan Kaesang-Erina, orang tua kedua pengantin, serta kerabatnya.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Menteri Jokowi Hadiri Tasyakuran Kaesang dan Erina

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangareb dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Namun, tak tampak kehadiran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di deretan para menteri yang hadir pada sesi siang ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah menteri tampak berfoto bersama dengan Kaesang dan Erina. Mereka kompak memakai baju beskap Jawa berwarna abu-abu.

Para menteri yang datang dengan pasangannya, berbarengan menuju ke pelaminan untuk memberikan selamat kepada Kaesang-Erina dan keluarga. Mereka juga memberikan selamat kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Adapun para menteri yang hadir antara lain, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem MakarimMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Kemudian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PDDT Abdul Halim Iskandar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Tampak pula Menpora Zainudin Amali Menteri PAN RB Azwar Anas, Menlu Retno Marsudi, Menteri Sosial Tri Rismaharani, Menaker Ida Fauziyah, hingga Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Belum terlihat kehadiran Prabowo di tasyakuran Kaesang dan Erina. Namun, Prabowo dan sejumlah menteri yang belum hadir kemungkinan akan hadir pada sesi berikutnya. Adapun tasyakuran dibagi ke dua sesi yakni, pukul 09.30 WIB dan 19.00 WIB.

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini, mulai dari menteri, pejabat negara, hingga masyarakat umum. Salah satu yang akan hadir yakni, Pangeran Arab Saudi.