Sukses

RS Fatmawati: Bayi Dera Tak Pernah Datang

RS Fatmawati membantah keluarga pernah datang membawa bayi Dera.

Sebanyak 8 rumah sakit di Jakarta, salah satunya RS Fatmawati, dilaporkan telah menolak merawat bayi Dera Anggraini yang akhirnya meninggal dunia karena mengalami kelainan lambung dan tak bisa menerima asupan ASI. Namun, RS Fatmawati membantah keluarga pernah datang membawa bayi Dera.

"Tidak pernah menolak pasien tersebut karena pasien tidak datang ke RS," ungkap Humas RS Fatmawati Lia Parta Kusuma di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Menurut Lia, keluarga Dera hanya pernah menanyakan ada tidaknya NICU (Neonatal Intensive Care Unit) di RS Fatmawati ke bagian informasi. Seandainya saat itu bayi Dera dibawa, meski NICU penuh, maka tetap akan ada penanganan dokter.

"Kami punya NICU tapi cuma 1, kalau mau waiting list. Soalnya ada pasien juga dari IGD. Kalau pun pasiennya dibawa tentu ada penanganannya," jelas Lia.

Dera yang mengalami kelainan lambung dan tak bisa menerima asupan ASI itu membutuhkan alat bantu yang disokong di fasilitas NICU. Karena NICU merupakan ruang perawatan intensif yang difungsikan untuk merawat bayi prematur atau yang memerlukan perlakuan khusus karena adanya kelainan.

Orang tua Dera, Elias Setya Nugroho dan Lisa Darawati, mengaku sudah berusaha mencari rumah sakit rujukan lain. Namun, tak ada satu pun rumah sakit menerima Dera dengan alasan, rumah sakit penuh. (Mut)

    Video Terkini