Sukses

Penyediaan MCK dan Sosialisasi Kesehatan untuk Korban Gempa Cianjur

Sebagai implementasi tridarma perguruan tinggi, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang didukung oleh Kemdikbudristek.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Laksanakan Pengabdian Masyarakat berupa Penyediaan MCK dan Sosialisasi Kesehatan di Desa Benjot, Cianjur. Sebagai implementasi tridarma perguruan tinggi, kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kemdikbudristek melalui Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja Iku Bagi PTS Tahun 2022.

Pelaksana kegiatan adalah para dosen lintas disiplin ilmu, yakni Dr. apt. Diana Laila Rahmatillah, M.Farm dari Fakultas Farmasi, Ir. Sri Endah Susilowati, M.Si, Ir. Ahmad Rofii, M.T dari Fakultas Teknik dan Dinar Ayu Chandra Agustin, M.Sos dari Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini difokuskan pada lokasi bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

Berdasarkan hasil survey pada tanggal 3 Desember 2022, tim pengabdian akhirnya menyelenggarakan kegiatan di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Desa Benjot merupakan salah satu dari banyak desa yang terdampak cukup parah karena banyak bangunan yang roboh, rata dengan tanah sehingga tersedianya MCK yang layak dan air bersih menjadi salah satu kebutuhan yang mendesak

Dalam kesempatan pengabdian masyarakat ini, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta berupaya menyediakan MCK dan Sanitasi yang layak untuk warga berupa Toilet Portable, Toren Air, Pompa Air dan Tenda Pengungsian.

“Penyediaan MCK ini dilakukan tidak hanya untuk memudahkan pengungsi, tetapi juga untuk melindungi privasi pengungsi dan meminimalisir penularan penyakit menular seperti diare di lokasi pengungsian” Ujar Diana Laila Ramatillah selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Baik

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini disambut baik oleh Sopyan Saori selaku Kepala Desa Benjot. Ditemui saat diskusi dan serah terima barang (Senin 12/12/22) Sopyan mengatakan bahwa apa yang dilaksankan oleh Universitas Agustus 1945 Jakarta sesuai dengan kebutuhan warganya saat ini.

Tidak hanya memberikan perlatan MCK, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan warga bergotong royong melaksanakan pemasangan MCK / toilet portable dimulai pada tanggal 13 Desember 2022. Pemasangan toilet dilakukan di 2 lokasi yakni di RT01 RW 05 dan RT 03 RW 04.

Selain itu juga dilaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya sanitasi dan penyakit menular kepada warga Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat oleh Rangki Astiani dan mahasiswa apoteker. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini diharapkan dapat memberikan penguatan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat serta dukungan pada sarana kesehatan lingkungan menjadi penting dalam mencegah penyakir diare pasca bencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur