Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres dengan Kriteria Paling Kuat di Pilpres 2024

Pada Pilpres nanti, sosok seorang cawapres memiliki peranan yang cukup penting dalam mengerek angka keterpilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Erick Thohir menunjukkan tren positif di lima Provinsi Pulau Jawa. Tercatat dalam temuan terbaru survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir dominan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan masuk 3 besar di DKI, Banten, serta Jawa Barat.

Merujuk dari hasil temuan survei tersebut, elektabilitas Erick Thohir tumbuh sangat positif. Elektabilitas Erick Thohir di tiga provinsi tersebut meliputi DKI Jakarta (17.2%), Banten (11.7%), kemudian di Jabar (10.3%).

Menurut Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago elektabilitas seorang figur menjadi faktor yang saat ini begitu dipertimbangkan oleh para partai politik (parpol) pengusung. Terutama dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

"Dengan demikian faktor wakil menjadi kunci kalau salah ambil wakil akan bisa bunuh diri," kata Pangi dalam keterangannya, Sabtu (17/12/2022).

Dia menilai pada Pilpres nanti, sosok seorang cawapres memiliki peranan yang cukup penting dalam mengerek angka keterpilihan. Kondisi demikian didukung dengan fakta tidak ada calon presiden (capres) maupun cawapres petahana.

"Karena Pilpres kita ini adalah lapangannya data tidak ada incumbent," tambah Pangi.

Karenanya dia melihat sosok Erick Thohir sebagai figur cawapres yang potensial dengan banyak kelebihan. Kondisi tersebut membuat mantan Presiden Inter Milan ini menjadi sosok cawapres idaman di Pilpres 2024.

"Mau disimulasikan apakah dengan Ganjar mau Prabowo ataupun Anies atau dengan yang lain, tetap beliau sebagai cawapres,” ucap Pangi.

Atas dasar itu juga, dia menilai, pemilihan figur cawapres tidak kalah pentingnya dengan penentuan capres. Sebab dampak yang ditimbulkan cukup fatal bila tidak tepat dalam memilih pasangan calon (paslon) dalam Pilpres nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadirkan Kemajuan

Dukungan masyarakat Jawa Barat (Jabar) kepada Menteri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir semakin kental terlihat. Elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) bersaing ketat di papan atas.

Temuan survei Poltracking Indonesia pada priode 26 November–2 Desember 2022 menempatkan elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres terkuat berada di posisi teratas. Eraih berhasil meraih persentase angka sebesar 10,3 persen.

Menanggapi demikian, Koordinator Komunitas Sopir Angkot Bogor Raya, Nurfai mengatakan, dukungan diberikan banyak masyarakat karena melihat kerja nyata Erick Thohir selama ini tulus mendorong hadirnya kemajuan.

Menurut dia Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu begitu peduli dengan kondisi masyarakat. Bahkan mengerti apa yang dibutuhkan masyarakat karena sering mendengar setiap aspirasi dengan baik.

"Pak Erick Thohir, ini sudah terbukti memperjuangkan nasib kita masyarakat kecil di seluruh pelosok negeri," ujar Nurfai di Parung, Bogor.

Maka itu, kata dia, sampai saat ini banyak masyarakat yang menginginkan agar Erick Thohir dapat maju sebagai cawapres pada Pilpres nanti. Lebih lagi Erick Thohir disebutnya memiliki modal kepemimpinan yang mumpuni.

"Kami melihat Bapak Erick Thohir sosok yang tepat untuk didukung menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024," jelas Nurfai.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.