Sukses

Bupati Tangerang Larang Warganya Gunakan Petasan di Pergantian Tahun Baru

Sementara, pada pengamanan Nataru kali ini, Bupati Zaki mengungkapkan, pihaknya tak hanya fokus pada pengamanan, lalu pencegahan dan pendeteksian dini.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membebaskan perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2023. Namun, tetap ada larangan dan aturan yang harus diperhatikan warganya.

"Tidak ada pelarangan, seluruhnya bisa. Tapi protokol kesehatan harus tetap diperhatikan. Karena kita di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Tangerang, masih pemberlakuan PPKM Level 1," ungkap Bupati, Kamis (22/12/2022).

Selain itu, Zaki juga menegaskan, pihaknya melarang adanya penggunaan petasan. Sebabnya, selain membuat kegaduhan, juga rawan kecelakaan.

"Ingat, yang dilarang petasan," tegasnya.

Sementara, pada pengamanan Nataru kali ini, Bupati Zaki mengungkapkan, pihaknya tak hanya fokus pada pengamanan, lalu pencegahan dan pendeteksian dini, seperti amanat Kapolri, tapi juga terkait masalah-masalah lain yang kemungkinan akan muncul.

"Seperti akan munculnya kemacetan, sebab Natal dan pergantian Tahun Baru 2023 ini aktifitas reguler lagi setelah pandemi COVID-19 menurun," katanya.

Sementara itu, sebanyak 740 personel gabungan diterjunkan Polresta Tangerang untuk pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kurang lebih ada sebanyak 740 personel gabungan yang diterjunkan. Untuk personel dari kepolisian sebanyak 160 personel, dan ditambah 200 personel gabungan. Kemudian untuk pengamanan tahun baru akan ditambah 350 personel gabungan," kata Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih. 

2 dari 3 halaman

Ribuan Personel Atur Lalu Lintas

Ada 3.327 personel gabungan akan menjaga dan mengatur lalu lintas selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), di wilayah hukum Polda Banten, terbagi dari 1.696 polri, 292 TNI, serta 1.259 dari instansi lainnya. Rumah ibadah, pelabuhan, hingga objek wisata menjadi fokus pengamanan Operasi Lilin Maung 2022.

"Pospam (nataru) sudah jadi semua, kemudian tanggal 22 Desember 2022 kita laksanakan gelar pasukan, (Operasi Lilin Maung) mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023," ujar Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Dedi Suhartono, Selasa (20/12/2022).

Berdasarkan data dari Polda Banten, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Cikande, Citerep, Kalodran, Kramatwatu, Bojonegara, hingga perempatan tol Cilegon Barat.

Kemudian rawan macet berada di Balaraja Barat, Pasar Gembong, Persimpangan Asem Cikande, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, Terminal Pakupatan, Kramatwatu, hingga Serdang.

Sedangkan, di jalan tol Tangerang-Merak, daerah rawan kecelakaan berlokasi di Tol KM87 dan KM97. Sedangkan, rawan macet berada di Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Merak, serta KM 52 hingga KM 72, lantaran ada pekerjaan pelebaran jalan di ruas tol milik Astra Infra Toll tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Berlakukan Buka Tutup

Jika terjadi antrean kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak, akan diberlakukan buka tutup gerbang tol di Cikupa yang mengarah ke pelabuhan.

Sejumlah pelabuhan alternatif disiapkan untuk mengurangi beban angkutan di Pelabuhan Merak, yakni Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang. Kemudian Pelindo II serta Pelabuhan Indah Kyat di Kota Cilegon, Banten.

"(Prediksi puncak libur Natal) mudik 23 sampai 24 Desember 2022, kalau wisata tanggal 25 Desember, kalau arus balik 31 Desember 2022. Kalau rest area sudah penuh ya tidak boleh masuk, diteruskan, jadi tidak ada penumpukan di rest area. Rest area ada dua," terangnya.