Sukses

Polri Pastikan Perayaan Natal 2022 Berjalan Aman dan Kondusif

Polri melakukan upaya pengamanan selama perayaan Hari Natal 2022 yang diselenggarakan pada 24 Desember-25 Desember.

Liputan6.com, Jakarta Polri melakukan upaya pengamanan selama perayaan Hari Natal 2022 yang diselenggarakan pada 24 Desember-25 Desember. Selama gelaran tersebut dipastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) berjalan lancar dan kondusif.

"Alhamdullilah secara umum situasi Kambtimas seluruh jajaran dapat berjalan demgan lancar, aman, dan kondusif," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin (26/12/2022).

Adapun terkait persiapan jelang perayaan Tahun Baru 2023, lanjut Dedi, diprediksi terjadi peningkatan arus lalu lintas di jalan, baik yang menuju tempat wisata ataupun mudik balik, serta kepadatan di lokasi wisata dan pusat perbelanjaan.

"Dari Kakor dan survei Kemenhub tanggal 30 Desember dan 2 Januari akan ada peningkatan. Tetap secara maksimal diantisipasi untuk menghadapi kemacetan di jalur tol, objek-objek wisata, pusat-pusat perbelanjaan, tempat ibadah, bandara, dan pelabuhan," jelas Dedi.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi dua gereja tertua yang berada di kawasan Jakarta yakni Gereja Katedral dan Gereja Immanuel.

Dalam sambutannya, Yudho menjamin untuk kegiatan Natal serta Tahun Baru 2023 nanti akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Sehingga pengamanan kita jamin, masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan baik, aman dan lancar. Dan masyarakat yang akan melaksanakan tahun baru, kita jamin kemananan ya sehingga bisa melaksanakan tahun baru dengan lancar," kata dia kepada wartawan di Gereja Immanuel Jakarta, Sabtu 24 Desember 2022.

2 dari 3 halaman

Koordinasi dengan Ormas

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, untuk kegiatan pengamanan ini dilakukan prajurit TNI-Polri berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menambahkan apa yang disampaikan Bapak Panglima sesuai arahan Bapak Presiden bahwa pelaksanaan Nataru hari ini harus berjalan dengan aman dan lancar," kata dia.

"Menindaklanjuti arahan tersebut, beberapa waktu lalu kita telah melaksanakan apel gelar pasukan dan dilanjutkan pelaksanaan Operasi Lilin dimana kegiatannya melaksanakan pengamanan, terkait aktivitas kegiatan tempat ibadah dan tentunya masyarakat yang akan melaksanakan balik atau mudik," ujar Sigit.

Sigit menegaskan, untuk kegiatan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 nanti akan berjalan aman dan lancar. Terlebih, kegiatan pengamanan ini juga dilakukan bersama dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) lainnya.

"Mulai tadi sore saya kira seluruh jajaran bersama-sama antara TNI dan Polri telah menggelar pasukan untuk memastikan seluruh kegiatan ibadah dapat berjalan aman dan lancar. Dan Alhamdulillah puji tuhan bahwa tidak hanya TNI-Polri juga ormas ikut terlibat dalam pengamanan, ada teman Banser, Kokam, ormas lain yang ikut gabung," tegasnya.

"Ini menunjukan di samping ini kesepakatan kita untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelaksanaan ibadah, di sisi lain ini menumbuhkan nilai toleransi beragama yang harus selalu Kita jaga. Semangat persatuan dan kesatuan harus kita jaga untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik," tandas Listyo.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Natal Jokowi: Eratkan Persaudaraan dan Perkuat Kerukunan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Gereja Katedral Bogor, untuk menyapa umat Kristiani yang merayakan Hari Natal tahun 2022. Lewat amanatnya, Jokowi berpesan agar keceriaan di Hari Natal dapat memperkuat rasa persaudaraan dan kerukunan antar umat bergama.

"Mari bersama kita terus mempererat persaudaraan, kita memperkuat kerukunan untuk kebangkitan Negara kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi dalam keterangan diterima, Minggu (25/12/2022).

Selain pesan natal, Jokowi mengaku para umat yang hadir berwajah senang dan bahagia. Kepala negara pun merasakan kedamaian yang menyertai pada perayaan hari besar umat kritiani ini.

"Saya melihat tadi bapak ibu semuanya senang dan bahagia damai menyambut natal tahun ini," ucap Jokowi.

Menutup sambutannya, Jokowi mendoakan semoga natal tahun ini diberkati oleh Tuhan.

"Selamat Natal semoga Tuhan memberkati kita semua,” ujar Jokowi.