Sukses

DPR Minta Dugaan Penyelewenangan Bantuan Gempa Cianjur Jangan Menjadi Politis

Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada umat, 16 Desember 2022, lantaran diduga menyelewengkan bantuan asing untuk gempa bumi yang terjadi belum lama ini.

Liputan6.com, Jakarta Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada umat, 16 Desember 2022, lantaran diduga menyelewengkan bantuan asing untuk gempa bumi yang terjadi belum lama ini.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka meminta kasus ini harus dibuktikan dengan kuat. Pasalnya, jika hanya sekedar melempar bola panas, terkesan menjadi politis semata.

"Tuduhan kepada Bupati Cianjur atas penyelewengan bantuan bencana apabila tanpa adanya bukti itu bisa menjadi politis," kata dia, Kamis (29/12/2022).

Dia mengingatkan, bahwa sekarang ini dalam proses pemulihan. Sehingga, Politikus PDIP ini menyayangkan jika ini digunakan hanya untuk kepentingan politik semata.

"Saya menyayangkan, apabila tuduhan itu tidak berdasar dan dapat menjadi isu politik di tengah proses penanganan bencana. Masyarakat sudah ingin kehidupan kembali berjalan normal," ungkap Diah.

"Untuk itu saya meminta semua pihak fokus membantu masyarakat korban bencana untuk segera memperoleh tempat tinggal, bekerja dan bersekolah," sambungnya.

Meski demikian, dia menyebut ini bisa menjadi momentum bagaimana semua pihak melakukan monitoring terhadap proses distribusi bantuan untuk gempa Cianjur, terlebih pasca bencana.

"Kalau Cianjur dijadikan pilot (pilot project) bagaimana membangun sistem monitoring pasca kebencanaan, ini momen yang sangat bagus. Pemerintah daerah akan melakukan nanti akan secara terbuka, dengan pemerintah pusat juga. Dibuka aja sekalian," jelas Diah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah dan Anggap Fitnah

Sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman membantah telah menyelewengkan bantuan asing untuk korban gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Menurutnya, hal itu adalah fitnah yang dituduhkan kepadanya.

"Adapun fitnah yang terjadi kepada saya, saya serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT. Karena Allah yang maha mengetahui segala sesuatu," kata Herman lewat pesan tertulis, Selasa (27/12/2022).

Herman memohon doa dari seluruh warga masyarakat agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk korban gempa Cianjur.

"Saya akan berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik untuk para korban dengan apa yang saya mampu dan pemerintah daerah Cianjur mampu lakukan," ucapnya.

Herman menegaskan, bahwa pihaknya fokus bekerja untuk menyejahterakan warga Cianjur. Kemudian, memberikan hak-hak yang semestinya bagi warga Cianjur pascagempa bumi.

"Sekali lagi mohon doanya agar kita bisa keluar bersama-sama menjadi orang-orang lulus diuji oleh Allah SWT dengan bencana gempa bumi ini," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

    cianjur

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Gempa Bumi